Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengimbau para pengelola gedung di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin dan Monas agar membuka akses parkir pada malam pergantian tahun.

"Saat malam tahun baru 2018 nanti, kami meminta para pengelola gedung di kawasan Sudirman, Thamrin dan Monas supaya membuka akses parkir di gedungnya masing-masing," kata Wakil Kepala Dishub DKI Sigit Wirijatmoko di Jakarta, Kamis.

Pada malam tahun baru nanti, menurut Sigit, pihaknya akan melakukan pengaturan sedemikian rupa sehingga tidak ada pemilik kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di badan jalan.

"Terutama di sekitar kawasan Monas, kami minta supaya para pengelola gedung membuka akses parkir. Kami akan atur sebisa mungkin supaya jangan sampai ada kendaraan yang parkir di badan jalan," ujar Sigit.

Sebagai tindak lanjut, dia menuturkan pihaknya akan mengirimkan surat kepada para pengelola gedung agar bersedia membuka lahan parkirnya saat perayaan malam tahun baru 2018.

"Karena pada malam tahun baru nanti, di sepanjang Jalan MH Thamrin akan digelar berbagai acara hiburan, diantaranya ada bazar, panggung hiburan, jajanan kuliner dan lain-lain," tutur Sigit.

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, dia mengungkapkan, terdapat sekitar 15 gedung yang bisa dimanfaatkan sebagai kantong parkir.

Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan lahan parkir di kawasan lainnya, yakni Blok M dan Jalan Cengkeh (kawasan Kota Tua).

"Kami mengimbau warga yang hendak merayakan malam pergantian tahun di Monas agar sebaiknya menggunakan bus Transjakarta. Tujuannya adalah untuk meminimalisasi kendaraan yang masuk ke lokasi acara tahun baru," ungkap Sigit.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017