Samarinda (ANTARA News)-Tim Borneo FC akan menjalani Training Camp (TC) di Sleman, Yogyakarta sebagai persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2018 mendatang.

TC tersebut rencananya akan dilaksanakan mulai awal Januri dan berakhir hingga akhir Januari, sebelum tim menjajal laga persahabatan Pra-musim.

Pelatih Fisik Borneo FC, Jaino Matos di Samarinda, Kamis, mengungkapkan selama di Jogja, timnya akan menggunakan fasilitas olahraga milik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Pasalnya UNY menyediakan fasilitas olahraga yang sangat bagus untuk menggeber fisik pemain.

"Kami akan menggunakan lapangan GOR UNY, fasilitas gym, dan kolam renang. Jadi program pertama kami adalah meningkatkan fisik pemain supaya lebih bugar menghadapi kompetisi Liga 1 2018," ucap pria asal Brasil ini.

Menurut Jaino pihaknya memilih TC di Jogja karena fasilitas dan suasana kotanya menunjang tim untuk fokus latihan.

Memang kompleks UNY dalam beberapa tahun terakhir ini kerap sering menjadi referensi latihan klub seperti Persib Bandung dan Timnas Indonesia. Letak Sleman yang strategi karena di tengah Pulau Jawa turut menjadi pertimbangan kemudahan akses dan biaya operasional tim juga terjangkau.

Jaino nantinya juga akan mengajak Lerby Eliandry, cs meningkatkan power di pantai.

"Ada rencana ke pantai karena latihan power training. Ini memang bagian penting dalam program conditioning. Kami di Jogja juga fokus membentuk jiwa team yang kuat dan komitmen," ujarnya.

Ia menjelaskan pada dua hari pertama, para pemain akan diberikan menu program khusus untuk memulai kembali kondisi cardiovascular stamina pemain. Menurut Jaino, hari pertama juga akan diberikan program awareness agar pemain kembali fokus.

"Intinya selama di Jogja kita akan kondisikan pemain supaya bisa memberi konsentrasi dan performa maksimal selama 90 menit di lapangan," tutur Jaino.

Selain latihan fisik, Borneo FC juga akan mencoba menerapkan visi-misi bermain Pesut Etam ala Iwan Setiawan. Nantinya prinsip-prinsip Coach Iwan, kata Jaino akan diimplementasikan pada beberapa hari pertama latihan.

"Kami ingin program yanh kompleks ini mampu memaksa pemain untuk ambil keputusan cepat dan tepat di lapangan," katanya.

TC Borneo FC ini akan diikuti 25 pemain termasuk sejumlah rekrutan anyar. Para pemain yang menjalani TC di Jogja ini akan menjadi skuad utama yang dipersiapkan untuk Liga 1 2018.

Pewarta: Arumanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017