Jakarta (ANTARA News) - Pada hari pertama 2018, usai kemeriahan pesta pergantian tahun 2017, masyarakat memanfaatkannya sebagai hari keluarga dengan beramai-ramai pengunjungi pusat-pusat rekreasi hingga perbelanjaan di Jakarta dan sekitarnya.

Pusat rekreasi favorit di utara Jakarta yakni Taman Impian Jaya Ancol sudah pasti diserbu pengunjung. Pengelola tempat ini memperkirakan 200.000 orang dari Jakarta maupun luar kota datang untuk menghabiskan masa libur Natal dan Tahun Baru 2018 di sana.

Pantai Ancol yang masuk dalam Zona Bali dan Indonesia Timur menjadi lokasi favorit yang dipadati pengunjung tepat rekreasi ini. Selain itu, ada zona Betawi dan Jawa yang berlokasi di Pasar Seni Ancol, Zona Sumatera dan Kalimantan di Taman Lumba-lumba juga dipadati pengunjung.

Khusus warga DKI Jakarta pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) sejak 1 Desember 2017 juga dimanjakan dengan tiket masuk gratis ke Ancol. Namun, menurut Humas TMII, Rika, ini memang tidak berlaku pada Minggu (31/12) dan Senin (1/1) mengingat pengunjung pada masa itu membludak.

Tempat favorit rekreasi bersama keluarga yang juga ramai dikunjungi di hari pertama 2018 ini adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Hingga menjelang sore pengunjung masih memenuhi berbagai lokasi hiburan dan atraksi di pusat rekreasi yang berlokasi di Jakarta Timur ini.

Berdasarkan pantauan Antara di TMII, beberapa rumah adat dan di sekitar replika Tugu Monas masih menjadi tempat favorit pengunjung TMII berkumpul bersama keluarga.

Warga Rawalumbu Bekasi Ramdi Hanafi (46) yang datang bersama keluarganya mengaku memilih menghabiskan libur di hari pertama 2018 di TMII karena banyak hiburan yang disiapkan pihak tempat rekreasi di samping wahana-wahana atau museum yang menarik dikunjungi.

"Kami pilih hari ini karena kalau pas malam tahun baru pasti ramai banget. Kalau jelang sore udaranya sudah enggak terlalu panas, jadi enak buat jalan-jalan," katanya.

Menurut Ramdi, TMII tetap jadi tempat tujuan mengisi liburan karena harga tiket masuknya tidak terlalu mahal meski khusus pada 31 Desember 2017 dan 1 Januari 2018 pihak manajemen pusat rekreasi yang berlokasi di Jakarta Timur ini menaikkan harga tiket dari Rp20.000 menjadi Rp30.000 per orang.

Berbagai hiburan mulai dari pesta kembang api, pertunjukan wayang kulit, hingga panggung musik diadakan dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru 2018. Acara khusus dalam rangka peringatan hari besar ini masih akan dilaksanakan hingga 2 Januari 2018.

Sedangkan di Jakarta Selatan, Taman Margasatwa Ragunan menjadi tempat favorit untuk berekreasi bersama keluarga. Setidaknya 64.000 pengunjung memadati kebun binatang tersebut hingga pukul 11.00 WIB.

Pada musim liburan ini, menurut Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Dina Himawati, pengunjung diberikan tontonan menarik sehingga bisa langsung melihat sejumlah margasatwa mencari atau berburu makanannya sendiri. Margastwa itu, yakni harimau, buaya, gajah, jerapah, orang utan, dan gorila.

"Biasanya, hewan-hewan ini diberi makanan langsung oleh petugas. Namun, kali ini para hewan itu akan mencari makanannya sendiri yang disembunyikan oleh petugas," ujarnya.

Cara pemberian makan seperti itu akan melatih motorik hewan-hewan tersebut dan memberikan edukasi kepada para pengunjung bagaimana cara hewan-hewan tersebut mencari makan.

"Ini juga memberikan edukasi kepada para pengunjung agar tidak memberi makan sembarangan".


Pusat perbelanjaan

Tidak hanya tempat-tempat rekreasi yang ramai didatangi, karena pusat perbelanjaan atau mal di kawasan Ibu Kota Jakarta juga dipadati pengunjung pada libur di awal Tahun Baru 2018.

Berdasarkan pantauan Antara di Pondok Indah Mall (PIM) Jakarta Selatan, Senin, pengunjung terlihat memadati tenant yang masih memberikan diskon atau potongan harga. Perburuan produk-produk diskon ini juga terjadi di Aeon Mall Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, beberapa tenant juga masih memberikan diskon dengan angka yang bervariasi.

Berdasarkan pantauan Antara, beberapa merk ternama yang memberikan diskon antara lain Clarks yang memberikan diskon 30 sampai 70 persen, Et cetera diskon hampir 70 persen, Urban&Co diskon hampir 70 persen, dan Planet Sports yang memberikan diskon bervariasi untuk beberapa merk sepatu.


Lalu lintas

Dengan membludaknya pengunjung di pusat-pusat rekreasi hingga perbelanjaan tersebut kemacetan otomatis terjadi di sekitar lokasi-lokasi tersebut.

Sejak pagi arus kendaraan menuju maupun di dalam obyek rekreasi Taman Margasatwa Ragunan maupun Taman Impian Jaya Ancol sudah padat hingga menimbulkan kemacetan di beberapa ruas jalan.

Kemacetan arus kendaraan baik roda empat maupun roda dua terjadi dari perempatan lampu merah Jalan Harsono, Jakarta Selatan, hingga pintu utama KB Ragunan dengan jarak sekitar dua kilometer. Banyaknya penjual tikar dan minuman kemasan yang menjajakan dagangannya dipinggir jalan Harsono juga menjadi penyumbang kemacetan di area tersebut.

Sementara itu, di Jakarta Utara, seperti biasa PT Pembangunan Jaya Ancol mengantisipasi kemacetan di dalam kawasan rekreasi tersebut pihak pengelola menyiapkan 112 bus wara-wiri dan tiga rangkaian kereta sato-sato yang beroperasi 24 jam.

Manajer Komunikasi Korporat PT Pembangunan Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan tiga zona parkir disediakan untuk menampung 13 ribu mobil dan 33 ribu sepeda motor. Meski demikian pihaknya memuji masyarakat yang berlibur ke Ancol dengan memanfaatkan transportasi publik seperti bus Transjakarta atau Commuter Line.

Pengelola Ancol juga telah membatasi jumlah kendaraan roda dua dan roda empat di dalam Taman Impian Jaya Ancol dengan menyediakan tiga zona parkir yaitu zona parkir timur di dekat Pantai Carnaval, zona parkir tengah di area parkir gondola, dan zona parkir barat di parkir Econvention dan Pasar Seni.

Berbeda dengan arus lalu lintas di sekitar tempat rekreasi, arus lalu lintas sejumlah ruas jalan di Jakarta pada hari pertama di tahun 2018 masih terpantau lancar dan lengang.

Ruas jalan di pusat ibu kota seperti Bundaran Hotel Indonesia (HI), MH Thamrin hingga Gadjah Mada terpantau lengang sehingga tidak terjadi kemacetan seperti yang terjadi pada hari biasa. Sementara arus lalu lintas kendaraan pada ruas jalan yang menghubungkan Jakarta dengan Tangerang seperti di Jalan Raya Ciledug dan Daan Mogot juga terpantau lancar, demikian pantauan Antara.

Lalu lintas di Jalan Daan Mogot didominasi kendaraan besar seperti truk berukuran sedang hingga kontainer, sementara kendaraan kecil seperti sepeda motor dan mobil pribadi masih sepi. Moda transportasi umum Busway juga tetap beroperasi meski terlihat sepi penumpang.

Kondisi lalu lintas dalam kota yang sepi disebabkan banyak warga Jakarta maupun sekitarnya yang masih menikmati liburan di luar kota, dan diperkirakan puncak arus balik masa liburan natal dan tahun baru terjadi hari Senin (1/1), sebagaimana yang disampaikan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Polisi Royke Lumowa dalam keterangan persnya.

Setidaknya 107.000 kendaraan yang diperkirakan Jasa Marga akan memasuki Jakarta melalui jalur tol Jakarta-Cikampek. Dengan demikian masa liburan akhir tahun yang juga menjadi saat berkumpul bersama keluarga berakhir. 

Pewarta: Virna Puspa S
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018