Parigi, Sulawesi Tengah (ANTARA News) - Para petani di sejumlah desa di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, saat ini tengah memasuki musim panen buah naga dan rambutan.

Nyoman Artana, warga Desa Suli, Kecamatan Sausu, pada Selasa mengatakan hasil panen raya buah naga dan rambutan di wilayahnya cukup bagus dan disambut dengan harga yang menggembirakan di pasaran sehingga menguntungkan bagi kalangan petani setempat.

Hal senada juga disampaikan Putu, petani asal Desa Tolai, Parigi Moutong, yang menyebutkan buah naga baru mulai dikembangkan petani Parigi Moutong dalam dua tahun terakhir namun hasilnya cukup memuaskan mengingat harga yang tergolong tinggi di pasaran.

Putu mengatakan harga beli pedagang langsung ke petani sebesar Rp20.000/kg untuk buah naga dan Rp5.000/kg untuk rambutan.

Dalam beberapa tahun terakhir pengembangan tanaman buah naga di Parigi Moutong cukup gencar, bahkan tak hanya dilakukan petani di areal kebun mereka tetapi juga hingga ke halaman rumah warga.

Bupati Parigi Moutong, Zamsurisal Tombolotutu, menyatakan pemerintah daerah terus mendorong diversifikasi komoditi guna meningkatkan kesejahteraan hidup petani.

"Tapi jangan sampai mengalihfungsikan areal persawahan yang sudah ada dan selama ini telah menopang ekonomi petani di Kabupaten Parigi Moutong," katanya.

Dia mengaku petani Parigi Moutong cukup antusias mengembangkan buah naga karena pangsa pasarnya cukup bagus dan dipasarkan hingga ke ibu kota Palu.

Pewarta: Anas Masa
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018