Erdogan akan kunjungi Prancis untuk perbaiki hubungan

Erdogan akan kunjungi Prancis untuk perbaiki hubungan

Presiden Turki Tayyip Erdogan. (Yasin Bulbul/Presidential Pala)

Ankara (ANTARA News) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat (5/1) akan berkunjung ke Paris untuk berunding dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, upaya untuk mengawali Tahun Baru ini dengan mencairkan ketegangan antara Turki dan Uni Eropa setelah memanas pada tahun lalu.

AFP melaporkan pada Rabu, Macron akan menjamu Erdogan di Istana Elysee dengan perundingan diperkirakan akan membahas mulai dari Suriah sampai hubungan perdagangan, dan Prancis juga diperkirakan akan menyampaikan kekhawatiran atas situasi HAM di Turki.

Namun, yang menjadi agenda utama adalah hubungan Turki dengan UE, yang ingin diikuti Ankara sejak 50 tahun terakhir. Upaya Turki untuk menjadi anggota UE tampaknya gagal di tengah perseteruan pada 2017.

“Dengan mendekati Prancis, Turki ingin memberikan dorongan baru untuk upayanya menjadi anggota UE,” ujar Jana Jabbour, profesor Ilmu Politik di Universitas Sciences Po di Paris sekaligus penulis buku berbahasa Turki mengenai kebijakan asing.

Dia mengatakan kepada AFP bahwa kebutuhan itu sangat krusial di tengah ketegangan diplomatik dengan Amerika Serikat menyusul pengakuan Donald Trump terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel.  (mu)


Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar