Surabaya (ANTARA News) - Salah satu media sosial asal Kota Surabaya koncoan.com meluncurkan messenger atau aplikasi percakapan dan juga meluncurkan versi timeline android setelah sebelumnya menggunakan versi desktop.

CEO Koncoan.com, Muhammad Guntur Budiawan, di Surabaya, Kamis, mengatakan alasan diluncurkannya messengger karena banyak permintaan dari para pengguna media sosial yang menginginkan agar koncoan dapat diakses lebih cepat melalui aplikasi android.

"Koncoan lebih banyak mendengar feedback dari user (pengguna). Itu karena koncoan dibuat untuk para pengakses internet yang kesehariannya beraktivitas di sosial media," katanya.

Menurut dia, koncoan baru meluncurkan perpesanan instan karena jumlah pesan yang masuk di koncoan sangat tinggi yaitu nyaris menyentuh 7.000 per hari. Sistem perpesanan sendiri, lanjut dia, end to end artinya hanya penerima pesan dan pengirim yang tau pesannya.

"Kami tahu, data Kemkominfo bahwa setidaknya 65 persen informasi hoaks itu bersumber dari media sosial asing dan ada 7.000 kasus kejahatan seks anak (Paedofil) ada di sana," katanya.

Mendapati hal itu, kata dia, koncoan membuat sebuah keamanan pengguna agar hal-hal semacam itu tidak terjadi pada situs sosial lokal. Dengan kehadiran messenger ini tentu kita harapkan koncoan tetap menjaga sisi keamanan dan kenyamanan.

Pria yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jatim ini mengaku tengah mempersiapkan kematangan dalam sistem maupun konten yang positif. Ini dilakukan agar user dalam beraktivitas di sosial media lebih aman dan sesuai norma-norma yang berlaku di Indonesia.

"Koncoan beda dengan media sosial asing (facebook), maka tujuan kami yaitu bagaimana agar sekitar 80 juta pengakses sosial media asing bisa beralih ke koncoan.com dan beraktivitas di sana agar semua dapat tetap terpantau di Indonesia, bukan di luar negeri," ujarnya.

Saat ini, kata dia,koncoan.com memang mengalami banyak kendala, hal yang paling prinsip yaitu masalah pendanaan. Sebab, mengelola sosial media dengan jumlah pengguna besar itu butuh pendanaan besar.

"Saat ini koncoan.com masih mengandalkan kantong pribadi," katanya.

Sejauh ini, Guntur mengatakan pengguna koncoan tumbuh pesat pada angka 10.000 pengguna sejak dibuka pada November 2017. Meski sempat ditutup lantaran mengalami kekosongan anggaran, koncoan kembali dibuka pada Desember 2017 dan mengusung sejumlah konten yang tidak dimiliki media sosial lainnya.

"Kami memiliki konten news agregator, jual beli, pesanan tiket, update video, foto dan audio. Saat ini koncoan masih menerapkan login yang cepat agar masyarakat bisa segera beralih ke koncoan.com," katanya.

Bahkan, lanjut dia, kedepan koncoan akan menerapkan Nomor Induk Keluarga (NIK) sebagai  satu identitas pengguna di media sosial karena koncoan menerapkan satu pengguna satu akun. 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018