Banda Aceh, (ANTARA News) - Sejumlah ruangan yang menjadi kantor di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Banda Aceh di kawasan Lambaro, Aceh Besar, hangus terbakar.

Informasi yang dihimpun Antara di LP Banda Aceh, Aceh Besar, Kamis, ruangan kantor tersebut terbakar menyusul kerusuhan di penjara itu sejak sekitar pukul 11.00 WIB.

Lima ruangan kantor yang diamati, semuanya tampak hangus terbakar dan dalam kondisi berantakan. Begitu juga kaca jendela, semuanya terlihat pecah.

Sementara, narapidana dan tahanan, penghuni penjara tersebut digiring ke sel masing-masing setelah ratusan personel Polri dan TNI dikerahkan mengamanan lembaga pemasyarakatan tersebut.

Sempat terdengar letusan senjata api beberapa kali dari bangunan yang merupakan area tahanan. Letusan senjata tersebut merupakan gas air mata yang ditembakkan untuk memecahkan kerumuhan massa penghuni penjara.

Seorang penghuni lembaga pemasyarakat tampak digiring dan diamankan polisi keluar penjara tersebut. Belum ada keterangan resmi siapa yang diamankan tersebut. Informasi yang didapat, lelaki yang diamankan tersebut diduga provokator kerusuhan.

Belum diketahui penyebab kerusuhan dan kebakaran LP Banda Aceh tersebut. Sejumlah petinggi Polda Aceh, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin terjun langsung mengamankan situasi di dalam penjara tersebut.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018