Jakarta (ANTARA News) - Pemain bertahan anyar Liverpool, Virgil van Dijk, sukses mengantarkan tim barunya melewati Everton 2-1 dalam laga putaran ketiga Piala FA di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu WIB. 




Van Dijk yang tiba dengan banderol mentereng senilai 75 juta poundsterling sukses mencetak gol kemenangan Liverpool pada menit 84 lewat tandukannya menyambut sepak pojok yang dilepaskan Alex Oxlade-Chamberlain.



Sebelumnya pada menit 63 Van Dijk juga sempat menyambut tendangan bebas Oxlade-Chamberlain, namun bola sundulannya masih tepat mengarah ke pelukan penjaga gawang Jordan Pickford.



Liverpool sempat unggul lebih dulu melawan rival sekotanya lewat eksekusi penalti James Milner pada menit 35 setelah Adam Lallana dijatuhkan lewat sentuhan ringan oleh Mason Holgate.



Namun, tribun pendukung Everton bersorak girang seolah sudah meraih kemenangan saat Gylfi Sigurdsson mencetak gol penyeimbang kedudukan lewat serangan balik pada menit 67.



Momentum yang sepertinya mengarah ke Everton rupanya berhasil disiasati pelatih Juergen Klopp dengan menyuntik darah segar di tengah lapangan usai memasukkan Georginio Wijnaldum, Trent Alexander-Arnold dan Dominic Solanke.



Kemenangan itu, memantapkan supremasi Liverpool dalam rangkaian pertemuan dengan Everton yang kerap disebut Derby Merseyside, lewat catatan 16 laga tak terkalahkan.



Tensi Derby Merseyside kali ini juga sempat memanas ketika Holgate melakukan tindakan tak terpuji dengan mendorong Roberto Firmino hingga sang legiun Brazil itu terperosok ke tribun penonton.



Firmino yang tak terima sempat melakukan konfrontasi keras terhadap Holgate, meski tak melakukan kontak fisik balasan. Wasit Robert Madley memilih membiarkan insiden itu berlalu tanpa ada kartu baik bagi Holgate maupun Firmino.



Liverpool berhak melaju ke putaran keempat Piala FA, bersama Manchester United yang di laga lain mengalahkan klub kasta kedua Inggris, Derby County, dengan skor 2-0.



Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi FA:



Liverpool (4-2-3-1): Loris Karius (PG); Joe Gomez (Dominic Solanke), Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Emre Can, James Milner (Trent Alexander-Arnold); Alex Oxlade-Chamberlain, Adam Lallana (Georginio Wijnaldum), Sadio Mane; Roberto Firmino

Pelatih: Juergen Klopp



Everton (4-2-3-1): Jordan PIckford (PG); Jonjoe Kenny, Mason Holgate, Phil Jagielka, Rhu-Endly Martina; James McCarthy (Tom Davies), Morgan Schneiderlin; Yannick Bolasie, Wayne Rooney (Ademola Lookman), Gylfi Sigurdsson; Dominic Calvert-Lewin (Oumar Niasse)

Pelatih: Sam Allardyce

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018