Magetan (ANTARA News) - Angin puting beliung melanda sebagian wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Selasa, mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak dan sejumlah pohon tumbang.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan Fery Yoga Saputra menuturkan angin puting beliung melanda dua wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Panekan dan Maospati.

"Terjadi hujan dengan intensitas deras disertai angin cukup kencang di wilayah Kabupaten Magetan sejak sekitar pukul 15.50 hingga 19.15 WIB. Mengakibatkan dua wilayah kecamatan, yaitu Panekan dan Maospati terdampak. Banyak pohon tumbang dan beberapa rumah rusak," kata Fery.

Dia menyebutkan wilayah yang terdampak puting beliung antara lain meliputi Dusun Ngelang, Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan dan Kelurahan Kraton Kecamatan Maospati.

"Di Dusun Ngelang, Sumberdodol atap sejumlah rumah milik warga rusak ringan dan sebagian rusak sedang. Antara lain rumah milik Suratno warga RT 02/RW 04 dan rumah Pep warga RT 02/RW 04," ujarnya.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Maospati, tambah Fery, sejumlah pohon tumbang di dalam kompleks TNI AU Lanud Iswahjudi Maospati dan di beberapa ruas jalan protokol di sekitarnya.

"Saat ini BPBD Magetan sedang melakukan pendataan dan selanjutnya berkoordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk persiapan penanganan selanjutnya, besok Rabu. Sementara sampai malam ini kondisi wilayah lainnya di Magetan cukup kondusif," ucap Fery.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018