Stephane Peterhansel tetap puncaki klasemen setelah tahapan keempat

Stephane Peterhansel tetap puncaki klasemen setelah tahapan keempat

Cyril Despres dan Stephane Peterhansel (kanan) dari Perancis merayakan kemenangan diatas panggung usai memenangkan reli Dakar 2013 wilayah Amerika Selatan kelima di Santiago, Minggu (20/1). (REUTERS/Jacky Naegelen)

Lima (ANTARA News) - Juara bertahan Stephane Peterhansel menggandakan keunggulannya di Reli Dakar menjadi tujuh menit pada Selasa, setelah tahapan keempat yang berlangsung sengit yang merenggut juara kategori sepeda motor tahun lalu Sam Sunderland.

Jalur sepanjang 330 kilometer ini, yang terbentang atas gundukan-gundukan pasir dan kembali ke Pacific Port di San Juan de Mercona, dimenangi oleh rekan setim Peterhansel di Peugeot sekaligus sesama pereli Prancis Sebastian Loeb.

Juara reli dunia sebanyak sembilan kali itu naik ke peringkat kedua secara keseluruhan dari posisi keempat, tertinggal enam menit dan 55 detik, sedangkan pebalap Spanyol Carlos Sainz berada di posisi ketiga di mana posisi satu, dua, dan tiga dikuasai oleh pabrikan Prancis tersebut.

Pereli Qatar Nasser Al Attiyah, juara Dakar dua kali dan pemuncak klasemen setelah hari pembukaan, turun ke peringkat keempat dengan mobil Toyotanya dan tertinggal 58 menit dari juara 13 kali Peterhansel, yang menduduki posisi ketiga di tahapan ini.

"Ini merupakan hari yang sangat sulit. Kami memiliki dua ban flat pada awal dan setelahnya kami harus berhati-hati karena kami tidak memiliki cadangan," kata Al Attiyah kepada situs resmi Dakar.

"Pada gundukan-gundukan pertama, kami masuk ke lubang besar dan terperangkap selama 30 menit, sebelum itu terjadi untuk kedua kalinya. Kami kehilangan tekanan pada salah satu ban. Kami berusaha untuk memompanya dan kami kembali terjebak selama 30 atau 20 menit."

Peterhansel juga menderita tekanan ban yang rendah dan harus berhenti dan melakukan perubahan, membuat ia kehilangan beberapa menit. Ia kemudian melakukan kekeliruan navigasi menjelang akhir.

Cyril Despres, yang sempat memimpin setelah tahapan kedua, melihat peluangnya untuk memenangi gelar keenam setelah lima gelar di kategori sepeda motor menguap ketika ia mengalami patah rida depan pada Peugeotnya dan harus menunggu bantuan.

Pada kategori sepeda motor, Sunderland mengalami kecelakaan saat sedang memimpin dan harus dibawa dengan menggunakan helikopter.

Dengan keluarnya dia maka pereli Prancis yang membela Yamaha Adrian van Beveren mengambil alih posisi terdepan, unggul satu menit 55 detik atas pereli Chile Pablo Quintanilla, setelah memenangi tahapan itu.

Tahapan kelima pada Rabu akan menampilkan sepeda motor dan quad mengambil rute yang berbeda dengan mobil dan truk, di mana semuanya akan menuju Arequipa pada hari penuh terakhir di Peru sebelum menuju ke Bolivia, demikian Reuters.

(H-RF)

Pewarta:
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar