Mataram (ANTARA News) - Dua pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Ahyar Abduh dan Mori Hanafi serta pasangan  Zulkiflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah dijadwalkan akan mendaftar pada hari terakhir ke Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Barat, Rabu.

"Dari informasi yang kami terima pasangan Ahyar-Mori akan mendaftar siang ini, sedangkan pasangan Zul-Rohmi akan mendaftar sore harinya," ujar Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori di Mataram, Rabu.

Pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Ahyar Abduh dan Mori Hanafi diusung sejumlah partai politik di antaranya Gerindra, PDIP, PPP, PAN dan PBB. Sedangkan, pasangan Zulkiflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah di dukung partai Demokrat dan PKS.

Sejauh ini, untuk pendaftar bakal calon gubernur/wakil gubernur sendiri, ujar Aksar, sudah dua orang, yakni pasangan Moch Ali Bin Dahlan dan TGH Lalu Gede Muhammad Ali Wirasakti Amir Murni (Ali-Sakti) dan pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Moh Suhaili FT dan Muhammad Amin (Suhaili-Amin). Kedua pasangan tersebut mendaftar pada hari pertama, Senin (8/1).

Pasangan Ali-Sakti maju melalui jalur perseorangan (independen) dan pasangan Suhaili-Amin maju melalui dukungan partai politik di antaranya Golkar, Nasdem dan PKB.

Untuk pasangan Ali-Sakti, Aksar mengingatkan untuk segera memenuhi kewajiban kekurangan dukungan sebanyak 101.026 KTP karena mencalonkan diri melalui jalur perseorangan (independen).

"Masih ada kewajiban bakal calon bersama tim untuk menyerahkan persyaratan calon yang belum selesai sebanyak 101.026 dukungan yang harus diserahkan pada tanggal 18-20 Januari," jelasnya.

Untuk diketahui, Ali Bin Dahlan atau akrab disapa Ali BD merupakan Bupati Lombok Timur dua periode melalui jalur perseorangan. Sedangkan, pasangannya TGH Lalu Gede Muhammad Ali Wirasakti Amir Murni mantan anggota DPRD NTB. Sementara, H Moh Suhaili FT saat ini menjabat Bupati Lombok Tengah dua periode dan pasangannya H Muhammad Amin saat ini menjabat Wakil Gubernur NTB.

Sementara, bakal calon gubernur H Ahyar Abduh saat ini menjabat Walikota Mataram dua periode dan pasangannya Miri Hanafi menjabat Wakil Ketua DPRD NTB dari Fraksi Gerindra. Sedangkan, Dr Zulkiflimansyah merupakan politisi PKS dan anggota DPR RI dari dapil Banten, sementara Hj Sitti Rohmi Djalilah merupakan kakak kandung Gubernur NTB saat ini TGH Muhammad Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB). 



(U.KR-NIA/C/T013/T013) 10-01-2018 07:51:24

Pewarta: Nur Imansyah A
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018