Sekitar 100 imigran dinyatakan hilang di Mediterania

Sekitar 100 imigran dinyatakan hilang di Mediterania

Sejumlah imigran berusaha mengapung setelah terjatuh dari perahu karet saat operasi penyelamatan oleh penjaga pantai Italia di laut Libya, dalam foto yang diambil dari video, Sabtu (6/1/2018). (Guardia Costiera/Handout via R)

Tripoli (ANTARA News) - Sekitar 90 hingga 100 imigran hilang setelah kapal rakitan mereka tenggelam di Mediterania di lepas pantai Libya, ujar angkatan laut negara tersebut pada Selasa malam (9/1).

Perahu karet itu membawa lebih dari 100 orang saat tenggelam, menurut juru bicara angkatan laut Ayoub Kacem, yang mengatakan bahwa regu penyelamat berhasil menyelamatkan 17 orang, termasuk beberapa perempuan.

Sejumlah korban yang selamat berpegangan ke kapal tersebut selama berjam-jam sebelum bantuan tiba.

Perahu tersebut berlayar dari Kota Khoms, sekitar 100 kilometer sebelah timur ibu kota Libya, kata Kacem.

Dalam sebuah insiden lainnya, angkatan laut Libya mengatakan bahwa mereka juga berhasil menyelamatkan 267 imigran dari berbagai negara Afrika, dari Zawiya ke barat Tripoli.

Para perempuan dan 17 anak termasuk di antara mereka berhasil diselamatkan, kata Kacem, yang menambahkan bahwa cuaca buruk telah menghambat operasi penyelamatan.

Selama akhir pekan, 10 imigran tewas dan puluhan lainnya, termasuk anak-anak, hilang dari pantai Libya, menurut organisasi bantuan, demikian seperti dilaporkan AFP. (hs) 


Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar