Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meminta dispensasi waktu bagi penambahan peserta pertandingan kejuaraan uji coba Asian Games pada Februari 2018 menyusul kekurangan dua negara peserta.

"PSSI sudah mengirim surat kepada kami untuk meminta dispensasi waktu sepekan untuk penambahan peserta kejuaraan uji coba. Mereka beralasan masih persiapan pertandingan timnas Indonesia dengan Islandia serta persiapan kejuaraan Piala Presiden," kata Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir selepas pertemuan Program Peninggalan Penyiaran Asian Games di Jakarta, Rabu.

INASGOC menetapkan batas akhir penambahan peserta kejuaraan uji coba untuk tiga cabang olahraga yaitu bola basket, bola voli, dan sepak bola pada Rabu.

"Meskipun kami memahami, sebaiknya penambahan peserta tidak lebih dari sepekan," ujar Erick.

Erick yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) itu merekomendasikan penyelenggaraan pertandingan sepak bola kejuaraan uji coba Asian Games dapat berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Kami menganjurkan pertandingan sepak bola kejuaraan uji coba tetap berlokasi di Jakarta guna menghemat anggaran dan efisiensi tenaga jika pertandingan di luar Jakarta," kata Erick.

INASGOC, menurut Erick, akan melakukan kunjungan ke sejumlah arena pertandingan kejuaraan uji coba Asian Games, termasuk Stadion Utama GBK setelah penyelenggaraan pertandingan Tim Nasional Indonesia dengan Tim Nasional Islandia.

"Sempat muncul isu tempat duduk di Stadion Utama GBK hancur, tapi ternyata tidak demikian. Kalau ada satu-dua tempat duduk yang hancur, pasti dapat diperbaiki," katanya.

Erick meyakini bahwa masyarakat Indonesia akan menjaga Stadion Utama GBK yang juga menjadi aset negara menyusul renovasi stadion kebanggaan Merah-Putih itu menggunakan uang pajak masyarakat.

INASGOC tetap mengharapkan penyelenggaraan kejuaraan uji coba Asian Games cabang bola basket, bola voli, dan sepak bola berlangsung dengan lancar dengan minimal empat negara peserta.

"Pertandingan kejuaraan cabang olahraga tim itu juga mempunyai arti penting bagi kami sebagai upaya untuk uji coba siaran," kata Erick.

Berdasarkan data terakhir yang diterima Antara, Rabu, dua negara yang mengonfirmasi keikutsertaan dalam pertandingan sepak bola uji coba Asian Games adalah Indonesia dan Iran. Sedangkan dua negara yang belum konfirmasi keikutsertaan adalah Myanmar dan Yordania.

Delapan negara memastikan absen dalam laga sepak bola itu. Mereka adalah Arab Saudi, China, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Qatar, Singapura, dan Vietnam.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018