Makassar (ANTARA News) - Tuan rumah PSM memastikan diri tampil sebagai juara turnamen pramusim bertajuk "Makassar Supercup Asia" usai mengalahkan Ministry Of National Devence (MND) FC dengan skor 3-0 di Stadion Gelora Andi Matalatta Mattoanging, Minggu malam.

Tiga gol yang tercipta sekaligus membawa tim "Juku Eja" merangkuh juara untuk ajang internasional perdana masing-masing diciptakan Guy Junior (menit 65), Willem Jan Pluim ( menit 71) serta Brice Djite saat pertandingan memasuki menit ke-81 babak kedua.

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts mengaku bersyukur dan bangga dengan keberhasilan anak asuhnya menjalankan strategi yang diinginkan sekaligus membawa PSM Makassar meraih gelar juara di awal tahun 2018.

"Saya puas dengan penampilan para pemain.Semoga keberhasilan menjadi juara di Supercup Asia membuat motivasi pemain semakin berlipat saat tampil di kompetisi nanti," katanya.

Sedangkan Pelatih MND FC Pep Longrachana juga mengakui PSM layak memenangkan pertandingan dan dirinya seklaigus memberikan selamat kepada tuan rumah setelah mampu keluar sebagai juara.

"Kami bersyukur bisa ambil bagian dalam turnamen ini. Mudah-mudahan kita masih bisa ikut berpartisipasi pada pelaksanaan tahun depan," ujarnya.

Sementara jalannya pertandingan, PSM Makassar yang menargetkan menjuarai turnamen itu langsung tampil menekan sejak menit awal pertandinga.

Keputusan tim asuhan Robert Rene Albert itu cukup berjalan baik dengan lahirnya beberapa peluang yang nyaris membuka skor bagi PSM.

Seperti halnya peluang yang didapatkan Bruce Djite melalui tendangan kerasnya dari dalam kotak finalti nyaris menjebol gawang tim asal Kamboja itu. Sayang tendangan pemain yang baru didatangkan itu hanya membentur tiang gawang.

Upaya itu juga dibalas MND FC yang juga tidak ingin terus tertekan dan berhasil pula merepotkan barisan pertahanan PSM. Namun pada akhirnya wasit meniup pluit tanda berakhirnya pertandingan, tidak satupun gol yang tercipta dibabak pertama.

Memasuki paruh kedua, PSM kembali melanjutkan upaya penyerangan. Upaya itu akhirnya berbuah manis setelah lahirnya gol penalti Guy Junior pada menit ke-65.

Berselang enam menit, tim tuan rumah kembali mampu menggandakan kedudukan yang kali ini melalui Willem Jan Pluim usai memanfaatkan kesalahan di depan gawang lawan, Pluim langsung melepas tembakan keras yang mendarat di gawang lawan.

Ungul 2-0 tidak membuat serangan tuan rumah menurun. Dan PSM kembali memperlebar jarak melaui Bruce Djite di menit 81 sekaligus membuat PSM unggul 3-0.

Gol Brice Djite merupakan gol terakhir yang tercipta sebelum wasit meniup pluit tanda berakhirnya pertandingan.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018