Palembang (ANTARA News) - Dua arena pertandingan atau "venue" Asian Games 2018 yang digarap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Jakabaring Sport Center Palembang, Sumatera Selatan, rampung, yakni lapangan tembak dan dayung.

Staf Satuan Kerja Penataan Bangunan Dan Lingkungan Strategis (PLBS) Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tatang Kartiwan dalam kunjungannya ke Jakabaring Sport Center Palembang, Minggu, mengatakan khusus untuk lapangan tembak, kementerian melakukan renovasi dan pembangunan arena baru serta penataan kawasan.

"Infrastruktur bangunan sudah beres, hanya kawasannya yang belum seperti pengerjaan rumput juga area parkir. Sekarang masih lelang. Kami optimistis Februari sudah mulai sehingga bisa beres Juni?2018," kata Tatang.

Tatang menjelaskan pembangunan dan renovasi lapangan tembak dikerjakan sejak 1 Desember?2016?hingga 20 Desember?2017?diantaranya berupa renovasi bangunan induk, renovasi dan perluasan lapangan tembak, serta renovasi dan perluasan final "hall" juga lapangan tembak Skeet & Trap.

Penataan kawasan yang meliputi pekerjaan jalan dan pelataran parkir, drainase, pagar keliling kawasan, pos jaga, gardu listrik, elektrikal dan mekanikal dan pekerjaan lansekap masih akan dikerjakan sesuai target rampung pada Juni?2018.

Luas kawasan lapangan tembak itu tadinya sekitar lima hektare diperluas hingga mencapai sembilan hektare dengan biaya renovasi dan pembangunan hingga Rp83 miliar dengan APBN 2016-2017.

"Jadi ini direnovasi untuk memenuhi standar internasional untuk Asian Games. Sebelumnya masih berstandar nasional," kata Tatang.

Sementara itu, arena dayung juga dinyatakan telah rampung dikerjakan.?

Pejabat Pembuat Keputusan (PPK) Danau Situ dan Embung Jakabaring Kementerian PUPR Deny Ferdian menjelaskan danau diperluas dari 48 hektare dengan panjang 1,2 km menjadi 68,8 hektare sepanjang 2,2 km.?

"Ini diubah agar sesuai standar internasional. Lebarnya 200 meter dan kedalamannya sekitar 5-6 meter," jelas Deny Ferdian.

Deny menambahkan, mesti telah rampung, saat ini pembangunan "venue" dayung memasuki tahap perapihan dan pemeliharaan setelah 10 bulan pengerjaan danau.

Sedangkan pembangunan "venue" dayung untuk tribun?2.500?penonton, "finish tower", pontoon, "building rowing tank", "building ergometer" dan "boat house" juga telah rampung.

"Tinggal proses pemeliharaan saja selama satu tahun ke depan," kata Project Manager Infrastruktur Danau Dayung Jakabaring Wieldy Tamsin.

Pembangunan "venue" dayung dimulai 7 Desember?2017?hingga 30 Desember?2017?menghabiskan dana hingga Rp148 miliar dengan APBN?2016-2017.?

Renovasi dan pembangunan "venue" dayung dan lapangan tembak menggunakan kontraktor yang sama, yaitu PT Nindya Karya (Persero).

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018