Gunung Kusatsu-Shirane Jepang meletus

Gunung Kusatsu-Shirane Jepang meletus

Ilustrasi: Gunung Meletus (ANTARA News/STRINGER/PHILIPPINES)

Tokyo (ANTARA News) - Gunung Kusatsu-Shirane di Prefektur Gunma, barat laut Tokyo, Jepang, meletus, yang memicu terjadinya longsor di daerah sekitarnya, demikian disampaikan Badan Meteorologi Jepang (JMA).

Sekitar 15 orang terluka akibat letusan tersebut dan empat orang lainnya terperangkap dalam longsoran di Resor Ski Kusatsu International di Kusatsu-machi, Perfektur Gunma, kata petugas pemadam kebakaran setempat.

Menurut JMA, awalnya asap terlihat naik dari sisi selatan gunung berapi itu dan getaran vulkanik dengan amplitudo besar juga terdeteksi. Batu-batu juga terlihat jatuh dari lokasi gunung berapi.

Akibat letusan tersebut, JMA mengeluarkan peringatannya untuk Gunung Kusatsu-Shirane ke level 3 yang menginstruksikan agar orang tidak mendekati gunung berapi itu.

Gunung Kusatsu-Shirane adalah gunung berapi aktif seluas 2.160 meter, yang puncaknya terletak di utara gunung api Asama.

Gunung ini terdiri atas serangkaian kerucut pyroclastic yang tumpang tindih dan tiga danau kawah.

Kawah terbesarnya adalah Yu-gama, sebuah danau asam dengan rona kebiruan. Permukaan danau memiliki belerang kuning yang mengapung di permukaannya.

Rangkaian puncak vulkanik terletak tepat di luar kota Kusatsu Onsen, yang populer untuk pejalan kaki dan pendaki serta mereka yang ingin menikmati sumber air panas alami. Demikian Kantor Berita Xinhua.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Jatim upayakan peralatan dapur di tiap huntara korban Semeru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar