Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi kemajuan pembangunan sarana transportasi masal Mass Rapid Transit (MRT) di ibu kota.

"Saya apresiasi kinerja PT MRT Jakarta yang baik sekali. Progress pembangunan MRT kini sudah mencapai 90,25 persen," kata Anies saat mengunjungi kantor PT MRT Jakarta di Wisma Nusantara, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut dia, total kemajuan pembangunan proyek ini sudah sebanyak 90,25 persen, yang terdiri dari 85 persen untuk penyelesaian jalur layang (elevated) dan 95 persen untuk penyelesaian jalur bawah tanah (underground).

"Pembangunan MRT adalah kerja tim yang panjang dan besar. Ini merupakan proyek strategis Indonesia, dan ini pertama kali Indonesia memiliki kereta api bawah tanah," ujar Anies.

Dia mengharapkan pembangunan sarana transportasi massal berbasis rel itu dijadikan proyek percontohan untuk skala nasional.

"Saya berharap sekali pembangunan MRT di Jakarta bisa menjadi contoh proyek nasional yang dikerjakan oleh anak bangsa yang muda dan memiliki semangan untuk membangun masa depan," tutur Anies.

Dia berpesan kepada PT MRT Jakarta agar tidak sekadar menjadi perusahaan yang menyediakan angkutan massal untuk memindahkan orang, tetapi juga sekaligus menjadikan MRT sebagai melting pot (tempat meleburnya) seluruh warga.

"MRT bisa menjadi melting pot Jakarta dan Indonesia. MRT akan memulai suatu kebiasaan mempertemukan warga dari berbagai kalangan dalam moda transportasi umum massal, sehingga terbangun ruang interaksi antarwarga," kata Anies.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018