Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi XI DPR Johnny G. Plate memperkirakan Dody Budi Waluyo, Doddy Zulverdi, dan Wiwiek Sisto Widayat akan menjadi calon kuat Deputi Gubernur Bank Indonesia menggantikan Perry Warjiyo yang habis masa jabatannya pada April 2018.

"Banyak anggota Komisi XI yang sudah mendengar tiga nama itu, tunggu saja nanti dibacakan nama-namanya di sidang paripurna," kata Johnny kepada Antara di Jakarta, Senin.

Johnny mengatakan surat Presiden Joko Widodo mengenai tiga calon Deputi Gubernur BI kemungkinan sudah masuk ke pimpinan DPR, namun belum sampai ke Badan Musyawarah DPR untuk dibahas sidang paripurna.

Menurut Johnny, tidak sulit memperkirakan calon pengganti Perr  karena pejabat internal BI yang berpengalaman luas di bidang moneter dan ekonomi internasional tidak begitu banyak. Para anggota Komisi XI juga sudah mengetahui rekam jejak dan kapasitas para calon.

Johnny menjamin Komisi XI akan profesional menguji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) para calon.

"Tidak ada kepentingan politik untuk pemilihan pejabat BI. Karena BI organisasi teknis yang harus diisi pejabat yang profesional dan jauh dari politik,"  kata dia.

Selain Perry yang akan purna tugas, Gubernur BI Agus Martowardojo juga akan mengakhiri masa jabatannya pada Mei 2018. Agus menjabat gubernur BI sejak 2013. Sayang, Johnny enggan calon-calon gubernur BI yang diunggulkan Komisi XI DPR.

"Nanti saja, kita tunggu surat dari Presiden," ujarnya.

Dody, Doddy, dan Wiwiek adalah pejabat senior BI yang mempunyai pengalaman luas dalam bidang moneter. Dody Waluyo saat ini menjabat Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter. Dody juga pernah mengikuti "fit and proper test" untuk menjadi Deputi Gubernur BI pada akhir 2016. Namun, Komisi XI lebih memilih Sugeng sebagai Deputi Gubernur BI bidang Sistem Pembayaran.

Sementara Doddy Zulverdi menjabat Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI sejak 2015. Peraih gelar Master dari Columbia University itu sudah 20 tahun bertgas di departemen yang membidangi kebijakan moneter.

Adapun Wiwiek Sisto adalah Kepala Perwakilan BI Jawa Barat. Peraih gelar Master pada Swinburne University ini berkarir di BI sejak 1993 dan pernah bertugas sebagai Kepala Grup Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018