Guatemala City (ANTARA News) - Pemerintah Guatemala berencana untuk meminta anggota parlemen agar menyebut geng kriminal yang aktif di negara Amerika Tengah itu sebagai "organisasi teroris" dan meminta Amerika Serikat (AS) untuk mendaftarhitamkan mereka karena pencucian uang, ungkap pejabat pada Senin (29/1).

"Kami ingin meminta komite eksekutif Kongres untuk mereformasi pasal pidana untuk memasukkan struktur (geng) Mara Salvatrucha dan geng (Bario) 18 sebagai organisasi teroris," ujar Menteri Dalam Negeri Enrique Degenhart dalam konferensi pers sebagaimana dikutip AFP.

Guatemala telah berjuang melawan aksi kekerasan geng, yang terus berlanjut dengan sedikit perubahan sejak Presiden Jimmy Morales berkuasa pada 2016.

Tahun lalu, negara itu mencatatkan 5.384 pembunuhan, menurut National Forensic Institute (NFI) – hampir tidak berubah dari tingkat pembunuhan tahun lalu.

Negara itu menyalahkan sebagian pembunuhan tersebut akibat operasi perdagangan narkoba dan pemerasan yang dilakukan oleh geng Mara Salvatrucha dan Barrio 18.

Honduras dan El Salvador keduanya mencatatkan penurunan jumlah pembunuhan cukup signifikan pada periode yang sama. (kn)


Pewarta: -
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018