Jakarta (ANTARA News) - Liga sepak bola kelompok umur U-16 akan digelar untuk pertama kalinya di Indonesia pada 3 Februari sampai dengan 6 Mei 2018 di Jakarta.

Liga yang digelar oleh perusahaan kosmetik Nivea Men dan media olahraga TopSkor ini dijadwakan dibuka pada Sabtu, 3 Februari 2018 di Lapangan Simprug Pertamina, Jakarta.

"Kami bangga dan gembira bisa melaksanakan liga U-16 ini. Semoga kompetisi ini bisa melahirkan pemain-pemain berbakat yang kelak menjadi tulang punggung tim nasional Indonesia," kata Direktur Pemasaran PT Belersdorf Indonesia Tomasz Schwarz, yang membawahi produk Nivea Men, dalam peluncuran liga U-16 terebut di Jakarta, Selasa.

Dia melanjutkan, liga yang juga melibatkan legenda sepak bola tim nasional Indonesia Bambang Pamungkas sebagai motivator ini akan diikuti oleh 20 sekolah sepak bola (SSB) dari wilayah Jabodetabek dan Bandung. Tim-tim ini merupakan peserta dari Piala Nivea Men TopSkor U-16 yang dilaksanakan tahun 2017 lalu.

Nantinya dari liga ini akan dipilih lima pemain yang berhak menimba ilmu di akademi sepak bola klub ternama Liga Spanyol Real Madrid di Madrid, Spanyol. Penyelenggara berharap para pesepak bola remaja itu bisa mengambil banyak pengalaman dari perjalanan mereka ke Negeri Matador.

"Mereka yang akan berangkat adalah penjaga gawang, penyerang, gelandang dan bek terbaik di Liga U-16 serta pencetak gol terbanyak. Kami rencananya memberangkatkan mereka di bulan September 2018," kata Brand Manager Nivea Men Sally Marryta Diantiny.

Keberadaan liga U-16 ini pun disambut baik oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Menurut Direktur Teknik PSSI Danurwindo, kompetisi memang satu-satunya jalan untuk menciptakan pemain-pemain berkualitas bagus.

Oleh karena itulah, Danurwindo melontarkan asa kompetisi ini bisa berjalan dengan reguler setiap tahun.

"Dalam dunia sepak bola masa kini, para pemain dituntut untuk pintar. Mereka mesti berpikir cerdas, cepat mengambil keputusan, lalu mengeksekusi teknik. Saya berharap pemain-pemain bertipe seperti itu lahir dari kompetisi ini," kata Danurwindo.

Adapun seluruh laga Liga Nivea Men TopSkor U-16 2018 akan digelar di Jakarta. Meski pembukaan dilakukan di Lapangan Simprug Pertamina, penyelenggara menyebut arena pertandingan setelahnya masih akan ditentukan kemudian. Namun seluruh pertandingan pasti digelar di Jakarta.

Liga U-16 ini dilangsungkan dalam format grup. Ke-20 tim akan dibagi dalam dua grup besar yang disebut grup Top dan grup Skor. Nantinya mereka akan terus bertanding dan dua tim terbaik berhak melaju ke babak final.

Berikut pembagian grupnya di Liga Nivea Men TopSkor U-16 2018.

Grup Top dihuni oleh ASAD 313, Cibinong Poetra, Benteng Muda, Salfas Soccer, Buperta, Sukmajaya, Kabomania, Candrabagha, Big Star Babek dan Duta BBC Bandung.

Grup Skor yaitu Soccer On, ASIOP Apacinti, Pelita Jaya, Bina Taruna, Cibinong Raya, Villa 2000, Garuda Putra, ASTAM, PCM FC dan Chelsea Indonesia.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018