... Keunikan warna dan keindahan dari kain itu terbentuk dari kerja keras, gairah, dan cinta para pengrajin...
Jakarta (ANTARA News) - Perancang busana Vivi Zubedi terpilih sebagai satu-satunya perancang modest fashion yang akan tampil di ajang mode internasional New York Fashion Week 2018.

Dia akan menerbangkan kain sesirangan dan pagatan khas Kalimantan Selatan ke pagelaran New York Fashion Week The Shows di NY Industria, 775 Washington Street, New York, pada 11 Februari 2018.

Berkolaborasi bersama pasar dalam jaringan Hijup, desainer yang populer dengan desain abaya ini akan mengangkat tema Urang Banua yang berhubungan dengan tempat di mana ia menemukan kain-kain indah yang akan ditampilkannya di New York.

“Keunikan warna dan keindahan dari kain itu terbentuk dari kerja keras, gairah, dan cinta para pengrajin,” kata dia, di Jakarta, Rabu.

Perancang busana berdarah Arab ini akan menampilkan 32 koleksi perdananya, yaitu padu padan kain Sasirangan dan Pagatan yang diaplikasikan dalam pakaian terusan, atasan, bawahan dan luaran khas Zubedi, dengan sentuhan aksesoris dan payet yang seluruhnya berasal dari Kalimantan Selatan.

“Inspirasi koleksi ini didapat dari semangat para wanita pengrajin kain tradisional di Kalimantan Selatan, yang mewakili simbol kesatuan dan keunikan budaya Indonesia,” kata dia.

Selain itu, koleksi ini juga merupakan visi dia untuk mengenalkan hasil kerajinan dan kebudayaan Indonesia ke mata internasional yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi pengrajin Indonesia.

Tidak hanya itu, sebagian dari hasil penjualan koleksinya juga akan didonasikan sebagai bentuk apresiasi kepada pengrajin kain tradisional.

Pewarta: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018