Semua kekuatan PDIP, saksi, relawan Gus Ipul dan Mbak Puti akan bekerja maksimal, dengan mengajak rakyat untuk memilih pasangan tersebut. Di saat coblosan, kami menjaga suara agar tidak ada kecurangan."
Surabaya (ANTARA News) - DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menyiapkan 700 ribu saksi untuk mengawal perolehan suara pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) provinsi setempat.

"Mereka akan bertugas di semua tempat pemungutan suara (TPS), semua kelurahan dan desa," ujar Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Dalam waktu dekat ia mengaku akan memulai rekrutmen saksi sekaligus membekalinya dengan pengetahuan, keterampilan dan peralatan yang dibutuhkan.

Kendati demikian, kata dia, sebagian besar para saksi sudah punya pengalaman bekerja saat Pilkada kota dan kabupaten, Pemilu Legislatif maupun Pemilihan Presiden.

"Yang jelas, dari sekitar 64 ribu TPS akan dijaga dua saksi atau lebih. Belum termasuk relawan Gus Ipul-Puti," ucap politikus wanita yang juga anggota DPRD Jatim tersebut.

PDI Perjuangan, lanjut dia, hanya ingin memastikan bahwa Pilkada Jatim 2018 berlangsung jujur dan adil, tak ada politik uang maupun segala bentuk kecurangan.

Selain itu, partainya mengajak semua pihak untuk menjaga proses demokrasi agar berlangsung baik, benar dan menggembirakan.

"Semua kekuatan PDIP, saksi, relawan Gus Ipul dan Mbak Puti akan bekerja maksimal, dengan mengajak rakyat untuk memilih pasangan tersebut. Di saat coblosan, kami menjaga suara agar tidak ada kecurangan," katanya.

Tentang teknis pembekalan terhadap para saksi dan relawan, lanjut dia, setiap DPC PDIP di masing-masing kota/kabupaten di Jatim akan melakukan pelatihan.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018