Incheon (ANTARA News) - Pemimpin upacara Korea Utara dan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence akan bertemu muka pertama kali pada Jumat, saat mereka menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan.

Kim Yong-nam, menteri luar negeri Korut, mendarat di Korsel pada Jumat bersama dengan adik perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong, menaiki jet pribadi kakaknya sesaat sebelum pukul 14.00 (12.00 WIB).

Pesawat putih tersebut bertuliskan Republik Rakyat Demokratik Korea, nama resmi Korut, yang ditulis dalam huruf Korea hitam pada sisinya, diikuti bendera Korut. Polisi membentuk barikade di dalam bandar udara, dari tempat perutusan tersebut berangkat ke loka wisata pegunungan Pyeongchang.

Kim Yo-jong adalah anggota pertama keluarga penguasa Korut mengunjungi Korsel, sedangkan Kim Yong-nam adalah pejabat tertinggi Korut, yang melakukan perjalanan lintas perbatasan. Mereka disambut di bandar udara oleh Menteri Penyatuan Korsel Cho Myong-gyon.

Pasangan tersebut akan makan siang bersama Presiden Korsel Moon Jae-in pada Sabtu, demikian kantor Moon.

Pence tiba di Korsel pada Kamis dan telah melakukan pembicaraan serta makan malam bersama Moon, keduanya mengulangi komitmen dan kerja sama mereka untuk meredakan ketegangan di semenanjung Korea yang dipicu oleh program misil dan nuklir Korut.

Pence bertemu dengan pembelot Korut pada Jumat dan diperkirakan memberikan penghormatan pada peringatan bagi 46 pelaut Korea Selatan, yang tewas pada 2010 korban kapal perang tenggelam, yang Seoul salahkan atas serangan torpedo Korut, demikian Reuters melaporkan.

(Uu.KR-DVI/B002)

Pewarta: antara
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018