counter

Pemprov DKI akan terapkan "digital island" di Kepulauan Seribu

Pemprov DKI akan terapkan "digital island" di Kepulauan Seribu

Ilustrasi - Foto udara Pulau Tidung, gugusan Kepulauan Seribu, di perairan Laut Jawa, Jakarta, Senin (24/4/2017). (ANTARA /Iggoy el Fitra)

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta akan menerapkan konsep "digital island" di Kabupaten Kepulauan Seribu untuk mengembangkan potensi wisata.

"Rencananya kami akan menerapkan konsep digital island di Kepulauan Seribu untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di kepulauan itu," kata Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno di Jakarta, Jumat.

Konsep dengan memanfaatkan teknologi dan informasi ini, akan mempermudah warga di Kepulauan Seribu mengakses pelayanan sehingga kehidupan perekonomiannya semakin meningkat.

"Konsep digital island itu akan diluncurkan pada Maret atau April 2018. Kami berharap ke depan kehidupan warga di Kepulauan Seribu lebih maju dan sejahtera," ujar Sandiaga.

Dengan pemanfaatan teknologi informasi yang tepat, katanya, maka promosi Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata di Jakarta dapat lebih digencarkan.

"Dengan memanfaatkan teknologi, wisatawan bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai Pulau Seribu mulai dari penginapan, kuliner hingga transportasi," tutur Sandiaga.

Dengan begitu, dia mengungkapkan jumlah kunjungan wisatawan di Kepulauan Seribu, baik domestik maupun mancanegara, dapat meningkat secara signifikan.

"Akan tetapi, tentu saja di Pulau Seribu itu harus ada tempat-tempat yang menarik bagi wisatawan dan dipromosikan terus-menerus. Jangan sampai ada blank spot disana," ungkap Sandiaga.

Meskipun demikian, dia menambahkan sampai dengan saat ini pihaknya masih melakukan kajian sekaligus evaluasi mengenai konsep tersebut.

"Jadi, kami akan menentukan satu pulau yang akan dijadikan sebagai pilot project, bisa di Pulau Pramuka, Pulau Panggang atau Pulau Tidung. Kami sedang lakukan kajiannya," tambah Sandiaga.

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar