Karena ada penutupan jalan, maka kami berlakukan rekayasa lalu lintas."
Bekasi (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, memutuskan untuk merelokasi agenda rutin akhir pekan `Car Free Day" Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, pada Minggu (11/2), ke kawasan perniagaan Summarecon Bekasi.

"Hal ini kita lakukan karena adanya acara akbar `Bekasi Jaman Now`yang diproyeksikan panitia penyelenggara dihadiri oleh sekitar 200.000 pengunjung," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi Johan Budi di Bekasi, Jumat.

Awalnya, kata dia, Bekasi Jaman Now yang digagas Nasi Putih Production bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan digelar di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan mulai dari simpang hotel Aston hingga Jembatan Layang Summarecon sepanjang 1,8 kilometer.

"Titik tersebut merupakan lokasi rutin CFD kami setiap Minggu pagi. Namun kalau tetap dipaksakan di lokasi itu, kami khawatir menimbulkan kemacetan di sejumlah ruas jalan protokol," katanya.

Menurut dia, pengunjung kegiatan CFD tercatat rata-rata sebanyak 40.000 hingga 50.000 peserta, namun khusus untuk Bekasi Jaman Now ini jumlahnya bisa tiga kali lipat.

Proyeksi penambahan pengunjung pada acara yang diklaim terbesar selama 20 tahun di Kota Bekasi itu dikarenakan durasi waktu yang mencapai 11 jam mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

"Kalau saat CFD kan hanya tiga jam saja, namun Bekasi Jaman Now bisa sampai 11 jam lamanya," katanya.

Atas pertimbangan kondusifitas pelaksanaan kegiatan tersebut, maka pihaknya memutuskan untuk merelokasi kegiatan CFD ke Jalan Boulevard Ahmad Yani Summarecon Bekasi yang berjarak sekitar 500 meter dari Jalan Ahmad Yani.

Johan mengatakan, pelaksanaan Bekasi Jaman Now memakan jalan hingga 1,2 kilometer untuk kedua sisi Jalan Boulevard Ahmad Yani, yakni sisi selatan dan utara.

Penutupan jalan, kata dia, juga dilakukan secara bertahap mulai Sabtu (10/2) pukul 00.00 WIB, yang meliputi penutupan awal pada setengah bagian badan jalan di sisi selatan Jalan Boulevard Ahmad Yani.

"Sementara setengah bagian di sisi selatan lagi ditutup pada Sabtu (10/2) pukul 15.00 WIB," katanya.

Terakhir pada Minggu (11/2) pukul 00.00, kata dia, pihaknya akan menutup seluruh Jalan Boulevard Ahmad Yani di sisi utara pada kedua sisi jalan ini sampai acara selesai pada malam harinya.

"Karena ada penutupan jalan, maka kami berlakukan rekayasa lalu lintas," ujar.

Dia mengatakan, rekayasa lalu lintas tidak terlalu menyulitkan pengendara, khususnya yang datang dari Jalan Ahmad Yani menuju wilayah Summarecon.

Rekayasa di lokasi itu akan dialihkan melewati Jalan Boulevard Selatan.

"Jadi nanti pas di bundaran segitiga terbalik Summarecon, pengendara akan berbelok ke kanan untuk melintasi Jalan Boulevard Selatan," katanya.

Sementara untuk lahan parkir, kata Budi, pihaknya telah menyiapkan kantong parkir mobil sebanyak 1.500 unit di dalam Summarecon Mal Bekasi (SMB), Pasar Sinpasa dan parkiran sekolah Al-Azhar.

"Kalau masih penuh juga, kita akan gunakan parkir di bahu jalan," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018