Jakarta (ANTARA News)- Iran mengutuk "kebohongan" Israel dan menyatakan Suriah memiliki hak untuk mempertahankan diri dari serangan militer, setelah Israel menyampaikan dalih "drone Iran masuk wilahnya" sehingga mendorong mereka melancarkan serangan udara ke Suriah.

Iran mmengelurkan pernyataan bahwa sekutu utama Suriah lainnya --Rusia dan kelompok Hizbullah Lebanon-- juga membantah tuduhan Israel ada pesawat tak berawak Iran masuk wilayah Israel.

Kementerian luar negeri Rusia mendesak semua pihak untuk menahan diri seraya mengatakan "adalah tidak bisa diterima menciptakan ancaman terhadap nyawa dan keamanan tentara Rusia di Suriah".

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Ghasemi menuduh Israel berbohong.

"Iran tidak menghadirkan kekuatan militer di Suriah dan hanya mengirimkan penasihat militer atas permintaan pemerintah Suriah," kata dia.

Iran menyatakan Rusia dan Hizbollah JUGA menyangkal klaim Israel bahwa drone Iran masuk wilayah Israel sebagai kebohongan.

Iran juga menuduh Israel menyerang drone-dronE yang dipakai oleh organisasi-organisasi teroris, khususnya ISIS. Sedangkan Hizbollah menyebut keberhasilan menjatuhkan pesawat F16 milik Israel itu telah menandai awal era strategi baru.

Baca juga: Dalih Israel gempur Suriah; drone Iran masuk wilayahnya


Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018