Anjing ini memiliki karakter setia, Kita berharap agar ke depan jemaat bisa lebih setia pada keluarga, pasangan hidup. Kita juga berharap pada tahun politik ini hubungan masyarakat bisa lebih kondusif dan tidak terpecah belah kepentingan politik."
Bekasi (ANTARA News) - Yayasan Pancaran Sinar Tridharma memprediksi acara Malam Tahun Baru Imlek 2018, Kamis malam, akan melibatkan sekitar 3.000 peserta dari wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, dan sekitarnya.

"Prediksi kami sekitar 2.000 hingga 3.000 jemaat akan ikut serta dalam acara nanti malam di Klenteng Hok Lay Kiong Jalan Kenari, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur," kata Ketua Yayasan Pancara Sinar Tridharma Ronny Hermawan di Bekasi.

Menurut dia, agenda pergantian tahun akan ditandai dengan letusan kembang api tepat pukul 00.00 WIB dan dirangkai dengan kegiatan ibadah oleh jemaat di wilayah setempat.

Dikatakan Ronny, letusan kembang api merupakan visualisasi dari kepercayaan masyarakat keturunan Tionghoa atas harapan rezeki, kemeriahan dan mengusir roh jahat.

"Letusan kembang api ini dipercaya bisa mengusir roh jahat, selain sebagai penanda kemeriahan dari pergantian tahun," katanya.

Pergantian Tahun Baru Lunar itu akan dimulai pada pukul 20.00-00.00 WIB dengan menghadirkan jemaat dari wilayah Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Jakarta.

Menurut dia, para peserta Imlek tidak seluruhnya adalah jemaat Konghucu, namun juga sejumlah keluarga yang sudah bercampur baur dengan kepercayaan agama lain.

"Sebab ada juga jemaat yang sudah menikah dengan suku lain di Indonesia. Sifatnya lebih pluralisme," katanya.

Pada tahun baru Anjing kali ini, Ronny berharap agar situasi lingkungan sekitar memiliki karakteristis positif dari binatang tersebut.

"Anjing ini memiliki karakter setia, Kita berharap agar ke depan jemaat bisa lebih setia pada keluarga, pasangan hidup. Kita juga berharap pada tahun politik ini hubungan masyarakat bisa lebih kondusif dan tidak terpecah belah kepentingan politik," katanya.

Pada agenda perayaan kali ini, pihaknya mengaku tidak memberikan undangan khusus kepada sejumlah pihak terkait seperti kandidat Pilkada, Pilgub maupun politisi lainnya.

"Ini murni acara kerakyatan. Namun kalau mereka tertarik hadir, kami juga persilakan," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018