Jakarta (ANTARA News) - Seorang pakar komputer telah mengungkapkan mengapa kinerja komputer melambat.

WFTS, sebuah stasiun berita lokal di Tampa Florida, berbicara kepada tim di Best Buy's Geek Squad yang memberikan beberapa saran berguna untuk membantu meningkatkan kecepatan komputer.

Selain menghapus file temporary, aplikasi yang tidak terpakai dan program lama, ternyata sel kulit mati bisa jadi merupakan biang kerok di balik komputer yang lambat.

"Banyak debu, makanan dan sampah lainnya terkumpul di komputer, terutama di kipas di dalam komputer Anda," kata anggota tim Geek Squad Adam Silkey seperti dilansir Independent.

"Kipas itu yang membuat komputer tetap dingin dan membuatnya bekerja cepat cepat."

Debu yang menurut Silkey menyumbat komputer sebagian besar terdiri dari kulit manusia yang mati. Namun jangan risau, ada solusi untuk mengatasinya. 

Untuk mencegah terkumpunya debu, Silkey menyarankan penggunakaan kaleng semprot angin untuk membersihkan bagian dalam komputer dan keyboard setidaknya setiap enam bulan.

Berdasarkan penelitian, keyboard dapat mengandung bakteri lima kali lebih banyak daripada tempat duduk toilet, jadi masih ada lagi yang harus Anda lakukan. 

"Untuk membersihkan layar, mouse dan permukaan datar lainnya, Anda harus mematikan komputer kemudian membersihkannya dengan kain microfiber," kata Pelka kepada The Independent.

"Agar lebih bersih, Anda bisa mendisinfeksi dan membuang kotoran berlebih dengan menggunakan campuran air dan alkohol atau air dan cuka - sedikit saja, jangan sampai kebanyakan.

"Untuk keyboard, bersihkan dengan menggunakan sikat lembut yang besar untuk debu atau Anda bisa memakai kaleng semprot untuk menghilangkan kotoran di antara tombol.

"Anda pun bisa menggunakan kain yang dibasahi dengan alkohol untuk menghilangkan noda tapi jangan terlalu basah."

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018