counter

Artis tandatangani kesepakatan antinarkoba, poin "berhenti jadi artis" direvisi

Artis tandatangani kesepakatan antinarkoba, poin "berhenti jadi artis" direvisi

Artis, manajer dan produser menandatangani surat kesepahaman pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis. (ANTARA News/Nanien Yuniar)

Jakarta (ANTARA News) - Puluhan artis, manajer dan produser menandatangani surat kesepahaman pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis. 

Wakil Kepala Polres Jakarta Selatan, AKBP Budi Sartono, mengatakan, deklarasi merupakan antisipasi untuk memberantas penyalahgunaan narkoba, khususnya di kalangan pesohor. Apalagi beberapa waktu lalu kasus narkoba di kalangan artis muncul secara beruntun, dari Fachri Albar hingga Roro Fitria. 

“Kami coba menjemput bola untuk sama-sama mengantisipasi dengan cara mengajak seluruh stakeholder yang bertanggung jawab dan berkepentingan di bidang artis: produser, manajer dan artis,” kata dia, di Polres Jakarta Selatan, Kamis. 

Dia berharap, deklarasi dan penandatanganan surat kesepahaman berantas narkoba ini bisa menghapus penyalahgunaan obat terlarang di kalangan pesohor dan masyarakat.

Pesinetron Ramzi mewakili para artis menandatangani deklarasi itu, pihak produser diwakili oleh Manoj Punjabi dari MD Entertainment, sementara manajer diwakili Nanda Persada Ketua Umum Ikatan Manajer Artis Indonesia (Imarindo).

Sebelumnya, disebutkan bahwa para artis akan menandatangi surat kesepahaman "Bersedia Berhenti Menjadi Aktris" bila terbukti menyalahgunakan narkoba. 

Menurut dia, poin tersebut sempat menuai polemik sehingga akhirnya direvisi.

"Setelah ngorol bareng, itu direvisi, jadi kalau terlibat akan dapat sanksi hukuman dan sanksi sosial," kata Nanda.

Dengan demikian, para pekerja seni yang tertangkap basah menyalahgunakan narkoba bisa kembali berkarya setelah menjalani masa hukuman.

Dia mengatakan, manajer adalah orang yang selalu mendampingi artis, manajer punya tanggung jawab menjaga agar si artis tidak melenceng ke jalan yang salah.

Menurut Manoj, seorang pesohor yang hidupnya disoroti oleh publik harus memberikan contoh baik untuk masyarakat. 

"Memakai narkoba bukan gaya hidup, pesan kami untuk masyarakat, say no to drugs."

Deklarasi itu berisi enam poin, di antaranya bersedia menerima sanksi hukum dan sosial bila terbukti menyalahgunakan narkoba, berkomitmen mendukung aparat penegak hukum terhadap penyalahgunaan narkoba.

Juga menggalakkan semangat antinarkoba di lingkungan artis dan masyarakat, mendukung aparat mencegah, memberantas penyalahgunaan serta peredaran gelan narkoba serta berkomitmen jadi generasi penerus yang terus meningkatkan kapasitas dan prestasi.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar