Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi bergerak menguat sebesar 20 poin menjadi Rp13.731 dibanding posisi sebelumnya Rp13.751 per dolar AS.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Senin mengatakan bahwa pergerakan dolar AS cenderung melemah terhadap beberapa mata uang di kawasan Asia, termasuk rupiah menyusul kebijakan proteksi perdagangan Amerika Serikat dengan menerapkan tarif untuk baja dan alumunium.

"Kebijakan itu direspon negatif oleh pelaku pasar global sehingga dolar AS cenderung mengalami tekanan di pasar global," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, adanya kemungkinan Bank Indonesia melakukan intervensi terhadap pergerakan rupiah di pasar turut menjaga fluktuasi rupiah di area positif.

Ekonom Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih menambahkan bahwa kebijakan proteksi itu diperkirakan akan memicu pembalasan dari negara mitra dagang Amerika Serikat.

"Respon jangka pendek, kebijakan proteksi itu akan membuat dolar AS melemah dan dalam jangka menengah kebijakan itu juga berpotensi merugikan ekonomi AS dengan mahalnya harga baja dan alumunium," katanya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018