Sidrap (PR Wire) - Pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) pertama di Indonesia yang terletak di kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, direncanakan akan segera diresmikan pada minggu kedua Maret 2018. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana saat mengunjungi pembangkit listrik berkapasitas 75 MW ini.

"Ini kebanggaan kita sekaligus bukti bahwa pemerintah serius mengembangkan energi baru terbarukan," ujar RIda di sela-sela kunjungannya di PLTB Sidrap, Kamis (1/3).

Dioperasikan oleh PT UPC Sidrap Bayu Energi, PLTB Sidrap memiliki 30 turbin kincir angin yang masing-masing berkapasitas 2,5 MW. Dengan tinggi mencapai 80 meter dan panjang baling-baling 57 meter, turbin kincir angin yang dipakai merupakan buatan Gamesa Lolica Corporation.

"Selain di Sidrap, akan ada tiga PLTB lainnya di kawasan Sulawesi Selatan, yakni Sidrap tahap 2, Jeneponto, dan Tanah Laut. Harganya sangat murah, sehingga visi energi terjangkau dan berkeadilan bagi rakyat mudah-mudahan dapat terwujud," pungkas Rida.


Pewarta: -
Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2018