Kita juga meminta masukan pada ulama, mana yang perlu diperbaiki, mana yang perlu dikerjakan lebih besar lagi...
Gresik, Jawa Timur (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengaku kerap mengunjungi pondok pesantren saat melakukan kunjungan kerja di berbagai daerah untuk mendapatkan masukan dari para ulama.

"Kita juga meminta masukan pada ulama, mana yang perlu diperbaiki, mana yang perlu dikerjakan lebih besar lagi. Masukan seperti itu penting apabila kita masuk ke pondok-pondok," katanya saat mengunjungi Pondok Pesantren Mamba'us Sholihin di Jalan Kyai Haji Syafei, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Kamis.

"Ini kan rutin sudah kita lakukan. Setiap kita ke daerah, satu, dua, tiga pondok. Penting sekali menjelaskan apa yang sudah dikerjakan pemerintah, dan apa yang dilakukan," kata Presiden, yang kedatangannya disambut rebana para santri dan lambaian bendera merah putih kecil para pelajar.

Presiden, yang datang ke pesantren bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, diterima oleh pengasuh pondok pesantren Kyai Haji Masbuchin Faqih.

Mereka berbincang sekitar setengah jam di kediaman pengasuh pondok pesantren. Presiden mengatakan ia tidak bicara soal politik dalam pertemuan itu.

"Tidak ada urusan dengan politik, tanya saja ke Pak Kyai. Kalau ada pertanyaan dari Pak Kyai saya jawab tapi karena tidak ada pertanyaan juga ya saya tidak jawab," kata Presiden, yang melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur pada 8-9 Maret.

Baca juga: Presiden terima ulama dan akademisi di Padang

Video:

 

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018