Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan pekerjaan penataan trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin akan selesai sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Pekerjaan penataan trotoar di sepanjang Sudirman-Thamrin itu kami targetkan sudah rampung secara keseluruhan sebelum Asian Games yang akan jatuh pada 18 Agustus 2018," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Yusmada Faizal di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, pekerjaan penataan trotoar di sepanjang kedua ruas jalan protokol tersebut saat ini sudah dimulai. Total panjang trotoar yang akan dilakukan penataan itu yakni 6,6 kilometer.

"Sekarang ini, pekerjaan penataan trotoar itu sudah mulai dilaksanakan. Bahkan, di sejumlah titik sudah dilakukan pembongkaran trotoar. Dalam waktu lima bulan, kami akan bekerja maksimal menata trotoar tersebut," ujar Yusmada.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan penataan trotoar yang membentang di sepanjang kawasan Sudirman-Thamrin itu dikerjakan oleh PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta serta dua perusahaan swasta.

"Jadi, pekerjaan penataan trotoar tersebut dilakukan oleh PT MRT Jakarta dan juga dua perusahaan swasta sebagai kompensasi atas penambahan nilai Koefisien Lantai Bangunan (KLB)," ungkap Yusmada.

Dalam penataan trotoar itu, dia menambahkan pihaknya juga akan menyediakan jalur khusus sepeda sekaligus ruang parkir khusus sepeda yang diharapkan kedepannya dapat dikembangkan melalui konsep bike sharing.

"Tidak hanya ditata begitu saja, di trotoar itu juga nanti akan kami buat jalur khusus sepeda sekalian dengan ruang parkirnya. Sehingga, bisa dikembangkan dengan konsep bike sharing. Itu harapan kami," tambah Yusmada.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018