Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga menegaskan koperasi merupakan salah satu jalan terbaik untuk memeratakan kesejahteraan masyarakat.

"Jalan untuk mencapai pemerataan kesejahteraan tidak lain adalah koperasi. Karena sesuai konsepnya koperasi adalah perkumpulan orang. Semakin banyak koperasi itu semakin banyak masyarakat sejahtera," kata Puspayoga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Oleh karena itu, ia mengatakan koperasi harus dikelola secara baik dan profesional agar memberi manfaat kepada masyarakat.

Menurut dia, jika kinerja koperasi sehat dan berkualitas akan menghasilkan PDB koperasi tinggi yang menopang pertumbuhan ekonomi yang merata.

Puspayoga menegaskan visi Presiden Jokowi adalah pertumbuhan ekonomi harus diikuti oleh pemerataan kesejahteraan.

"Pertumbuhan tidak boleh dinikmati segelintir orang, harus memberikan keadilan kepada masyarakat," katanya.

Untuk itu, Kementerian Koperasi dan UKM menjalankan Reformasi Total Koperasi untuk meningkatkan kualitas koperasi.

Setelah lebih dari dua tahun implementasinya, reformasi tersebut terbukti mampu mendorong peningkatkan PDB koperasi dari 1,71 persen pada 2014, menjadi 4 persen pada 2016.

Ia menegaskan PDB koperasi tidak bisa lagi pada angka yang rendah dan harus terus dikejar pertumbuhannya.

Banyak perubahan dalam regulasi yang dilakukan pemerintah untuk berpihak kepada koperasi.

"Tanpa koperasi berperan baik, tidak akan terjadi pemerataan kesejahteraan. Marilah bersama-sama koperasi betul-betul berperan untuk anggota," kata Puspayoga.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018