Iran kutuk serangan terhadap kedutaan besarnya di London

Iran kutuk serangan terhadap kedutaan besarnya di London

Bendera Nasional Iran (REUTERS/Leonhard Foeger)

Teheran (ANTARA News) - Kementerian Luar Negeri Iran pada Sabtu (10/3) dengan keras mengutuk serangan pada Jumat terhadap Kedutaan Besar Iran di London.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Bahram Qasemi mengatakan di dalam pernyataan bahwa Iran telah menyampaikan "protes kerasnya ke duta besar Inggris di Teheran dan menuntut polisi Inggris sepenuhnya melindungi diplomat kami di London".

Iran juga menuntut orang yang berada di balik serangan tersebut dihukum, kata Qasemi, sebagaimana dilaporkan kantor berita Xinhua.

Pada Jumat, sekelompok empat orang menyerang Kedutaan Besar Iran di London dan menurunkan bendera Iran.

Menurut laporan lokal, mereka adalah pendukung satu sekte agama radical.

Tak seorang pun cedera selama peristiwa itu dan para penyerang ditangkap.

Kementerian Luar Negeri Iran pada Sabtu telah memanggil duta besar Inggris di Teheran sehubungan dengan serangan terhadap Kedutaan Besar Iran di London pada Jumat.

"Setelah satu serangan oleh sejumlah orang yang berafiliasi pada kelompok agalam ekstrem terhadap Kedutaan Besar Iran di London, duta besar negeri tersebut dipanggil oleh direktur jenderal urusan Eropa," kata Qasemi sebagaimana dikutip stasiun televisi negara.

Utusan Inggris di Teheran menyampaikan penyesalah sehubungan dengan serangan tersebut dan mengatakan ia akan memberitahu negaranya mengenai pesan Iran.
 

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar