Saya rasa semua elemen masyarakat memiliki hak dan kewajiban untuk melawan berita hoaks karena dinilai dapat merusak integritas bangsa dan negara."
Pariaman, Sumbar (ANTARA News) - Senator asal Sumatera Barat sekaligus anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Emma Yohanna mengajak pemuda Indonesia untuk ikut menangkal penyebaran informasi hoaks untuk mencegah perpecahan.

"Pemuda memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa salah satunya dengan memerangi informasi hoaks dan tidak ikut menyebarkannya," kata dia saat menghadiri sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, di Pariaman, Minggu.

Saat ini penyebaran berita atau informasi hoaks serta ujaran kebencian di masyarakat, khususnya melalui media sosial cukup tinggi sehingga berpotensi memicu perpecahan bangsa.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh pemuda untuk menangkal hal itu seperti membantu meluruskan berita atau informasi hoaks serta melakukan klarifikasi kepada masyarakat luas.

"Hal paling sederhana yang dapat dilakukan pemuda yaitu tidak ikut serta menyebarkan informasi hoaks," ujar dia.

Salah seorang pemuda di Pariaman Nanda (28) menyebutkan pihaknya siap memberantas dan memerangi informasi atau pun berita hoaks yang bermunculan di tengah masyarakat.

"Saya rasa semua elemen masyarakat memiliki hak dan kewajiban untuk melawan berita hoaks karena dinilai dapat merusak integritas bangsa dan negara," lanjut pemuda lulusan Universitas Andalas tersebut.

Ia mengatakan beberapa hal yang dapat dan telah dilakukan dalam memerangi berita hoaks seperti tidak ikut serta menyebarkannya kepada masyarakat.

Karena, tambahnya cukup banyak ditemukan informasi hoaks terutama di media sosial bermunculan yang dapat memecah belah kerukunan masyarakat tanpa dicerna dengan baik oleh pembaca.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018