Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meluncurkan tiga inovasi pelayanan publik untuk para tenaga kerja Indonesia (TKI) di Singapura, seperti disampaikan dalam keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Minggu.

Tiga inovasi pelayanan publik tersebut meliputi Kartu Pekerja Indonesia Pelaut, BPJS Ketenagakerjaan Online dan Akreditasi Agen Online.

Peluncuran dilakukan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura pada Minggu (11/3) di depan sekitar 4.000 TKI yang sebagian besar perempuan.

"Sesuai arahan Presiden, Kemlu akan terus melakukan inovasi pelayanan publik bagi WNI di luar negeri. Tiga inovasi KBRI Singapura ini adalah salah satu bukti komitmen kami," ujar Menlu Retno.

Menlu Retno meminta TKI di Singapura agar fokus bekerja sebaik mungkin.

"Mbak-mbak semua silakan bekerja sebaik mungkin. Pemerintah akan fokus berikan perlindungan terbaik bagi mbak-mbak sekalian," ucap Retno.

Dengan ketiga inovasi tersebut diharapkan para TKI dapat menikmati berbagai pelayanan dengan lebih mudah dan cepat.

"KBRI Singapura akan selalu berusaha menghadirkan pelayanan terbaik bagi teman-teman pekerja migran," kata Duta Besar RI Singapura, Ngurah Swajaya.

Pada peluncuran tersebut, Menlu Retno juga menyanyikan lagu Terajana yang disambut antusias oleh para TKI. Sekitar 4.000 TKI yang hadir ikut bergoyang ria bersama Menlu RI.

Ikut meramaikan acara peluncuran tersebut, penyanyi dangdut Via Vallen yang khusus didatangkan oleh Bank BNI untuk menghibur para TKI di Singapura.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018