Surabaya (ANTARA News) - Kapal Motor (KM) Kumala dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terlambat tiba di Surabaya, Jawa Timur, akibat sebuah mobil tercebur di Dermaga Jamrud Selatan, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Koordinator Sektor Dermaga Jamrud Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya Amirudin mengatakan kapal penumpang jenis roll on - roll off (roro) ini semestinya sandar di Dermaga Jamrud Selatan, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pada pukul 17.00 WIB tadi sore.

"Ada musibah sebuah mobil `pick up` nomor polisi B 9088 ZE yang sedang parkir di Dermaga Jamrud Selatan pada sekitar pukul 16.30 WIB tadi sore tiba-tiba meluncur dengan sendirinya dan tercebur ke laut," katanya, saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis malam.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini karena pengemudi mobil pick up, diketahui bernama Hutomo, warga Semolowaru Elok, Surabaya, saat kejadian sedang memancing di dermaga tersebut.

"Rupanya pengemudinya lupa tidak memasang `handrem`, sedangkan lokasi tempat parkir datarannya menurun ke arah laut, sehingga mobilnya langsung terjun dan tenggelam," katanya.

Persoalannya mobil pick up tersebut tenggelam di sisi dermaga yang menjadi tempat sandar kapal penumpang roro, yang kedalamannya sekitar 10 meter.

"KM Kumala sudah kami perintahkan agar menunda sandar sampai proses evakuasi mobil pick up di dasar laut selesai. Saat ini KM Kumala sedang menunggu di area lego jangkar perairan Tanjung Perak," ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, proses evakuasi masih sedang menunggu alat berat "crane" yang akan mengangkat mobil pick up dari dasar laut.

Sementara itu, menurut Amirudin, Hutomo masih menjalani pemeriksaan di Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Bagi para pekerja pelabuhan di lingkungan Dermaga Jamrud Selatan, Hutomo memang terbilang sering terlihat datang pada sore hari dengan mobil pick up-nya untuk memancing.

"Hutomo adalah seorang sopir yang biasa mengantar barang di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Di mobilnya selalu membawa peralatan pancing. Biasanya setelah selesai mengantar barang, dia menyempatkan memancing di Dermaga Jamrud Selatan," ucap Amirudin.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo dan Hanif Nashrullah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018