Jakarta (ANTARA News) - Aktris Vanessa Haydon menggugat cerai Donald Trump Jr, putra sulung Presiden Amerika Serikat Donald Trump di sebuah pengadilan di Manhattan.

Perempuan berusia 40 tahun itu memutuskan untuk mengakhiri pernikahannya setelah 12 tahun mengarungi bahtera rumah tangga bersama putra Trump.

Trump Jr (40) adalah anak tertua dari lima bersaudara hasil tiga pernikahan Trump. Trump Jr bertemu dengan istrinya, seorang mantan model, saat ayahnya mengenalkan mereka pada acara peragaan busana Tahun 2003.

Mereka kemudian menikah pada 2005 di klub milik keluarga Mar-a-Lago di Palm Beach, Fla. Pasangan tersebut dikaruniai lima orang anak.

"Setelah 12 tahun menikah, kami memutuskan untuk berpisah," kata pasangan tersebut dalam sebuah pernyataan bersama. 

"Kami akan selalu saling menghormati satu sama lain, begitu pula keluarga kami. Kami memiliki lima anak yang baik dan mereka tetap menjadi prioritas utama kami. Kami mohon privasi untuk saat ini,” jelas pernyataan itu.

Pasangan ini tinggal di Midtown Manhattan dalam seminggu ini, dan keluarga tersebut sering menghabiskan akhir pekan di Catskills.

Trump Jr dan saudaranya Eric (34) mengambil alih pengelolaan Trump Organization setelah ayah mereka terpilih sebagai presiden. Ia memilih untuk tinggal di New York setelah pemilihan umum.

Sementara adiknya, Ivanka dan suaminya Jared Kushner, pindah ke Washington dan bekerja sebagai petinggi di Gedung Putih.

Trump Jr adalah anak yang dekat dengan ayahnya, sering membela pemerintahan Trump melalui Twitter dan dalam wawancara di Fox News, dan dia baru saja berkampanye di Pennsylvania untuk kandidat Partai Republik dalam sebuah pemilihan khusus.

Pengacara khusus Gedung Putih Robert S Mueller III, sedang memeriksa pertemuan Trump Jr dengan orang-orang Rusia pada Juni 2016 yang disebut menawarkan informasi yang dapat merusak kandidat presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton, serta terkait tanggapan yang menyesatkan kepada The New York Times musim panas lalu tentang pertemuan itu.

Bulan lalu, Vanessa dan ibunya dirawat di rumah sakit akibat membuka sebuah amplop berisi zat tepung putih yang kemudian dinyatakan sebagai tepung maizenna oleh pejabat polisi. 

Seorang pria Massachusetts dituduh mengirim surat ancaman tersebut. 

"Tidak ada yang harus menghadapi perilaku buruk seperti ini," kata Trump Jr di Twitter tentang peristiwa tersebut.

Pernah menjadi model untuk Wilhelmina Agency, Vanessa dibesarkan di Upper East Side Manhattan dan pernah berkencan dengan aktor Leonardo DiCaprio. 

Vanessa dan Trump Jr menikah 10 bulan setelah Donald J Trump menikahi mantan model Melania Knauss. 

Dalam sebuah wawancara tahun lalu dengan The Times, Trump Jr mengungkapkan malam yang romantis bersama istrinya termasuk saat makan malam di rumah (Trump Jr suka memasak) dan mungkin menonton film. 

Dia mencuit tentang ketika istrinya menyeretnya untuk menonton "Fifty Shades Darker." (Di mana dia tidak menyukainya).

Melalui akun Twitter @MrsVanessaTrump, Vanessa sering meretweet unggahan suaminya yang berkaitan dengan kehidupan keluarga, termasuk foto akhir pekan mereka di Catskills. 

Namun, cuitan tentang suaminya berhenti pada Juni 2017. Cuitan terakhir yang berkaitan dengan suaminya adalah potret keluarga di mana dia mengucapkan selamat ulang tahun kepada presiden.

Trump Jr, yang aktif di Instagram, menggunggah sebagian besar foto dirinya dan anak-anaknya dalam beberapa bulan terakhir. Foto terakhir bersama istrinya adalah foto keluarga pada Februari, saat mereka berada di Palm Beach merayakan ulang tahun salah seorang dari anak laki-laki mereka. Demikian diberitakan New York Times.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018