Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Mandiri Persero Tbk membagikan dividen sebesar Rp9,28 triliun kepada para pemegang saham atau memberi rasio dividennya sebesar 45 persen dari total laba sepanjang 2017 yang sebesar Rp20,6 triliun.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Mandiri di Jakarta, Rabu, pemegang saham menyepakati dividen sebesar Rp199,03 per lembar saham.

Jumlah dividen Mandiri itu naik dibandingkan dividen dari laba 2016 yang sebesar Rp6,21 triliun, namun dengan rasio dividen yang setara di 45 persen.

Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan, rasio dividen yang cukup besar itu usulan perseroan. Dia mengatakan tidak ada permintaan dari pemerintah selaku pemegang saham mayoritas terkait besaran dividen.

"Rasio dividen yang cukup besar 45 persen, murni usulan kami kepada para pemegang saham, karena melihat laba yang cukup besar di 2017," ujar Wirjoatmodjo.

Dividen yang dibagikan Mandiri adalah 30 persen atau sebesar Rp6,19 triliun dari laba 2017, ditambah dividen spesial sebesar 15 persen atau Rp3,09 triliun.

Dalam RUPST itu, Bank Mandiri juga mengangkat empat direktur baru yakni Panji Irawan, Donsuwan Simatupang, Agus Handaya, dan Alexandra Askandar.

Adapun Irawan dan Simatupang adalah bankir eksternal Mandiri. Irawan sebelumnya direktur treasuri dan perbankan internasional PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk. Kini Irawan menjabat sebagai direktur keuangan Mandiri.

Sedangkan Simatupang sebelumnya menjabat sebagai direktur ritel PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (BRI) dan saat ini direktur ritel Mandiri.

Sedangkan Askandar dan Handaya merupakan wakil presiden pelaksana senior Senior Bank Mandiri yang diangkat menjadi sirektur. Askandar kini menjabat sebagai direktur hubungan kelembagaan Bank Mandiri, sedangkan Handaya sebagai direktur kepatuhan Bank Mandiri.

RUPST itu juga menyepakati rencana perseroan untuk menerbitkan obligasi berkarakter modal dengan nilai maksimum Rp1 triliun di 2018.

Berikut jajaran lengkap direksi Bank Mandiri hasil RUPST, Rabu ini :

Direktur Utama : Kartika Wirjoatmodjo
Wakil Direktur Utama : Sulaiman Arianto
Direktur Keuangan : Panji Irawan
Direktur Korporasi : Royke Tumilaar
Direktur Treasuri : Darmawan Junaidi
Direktur Teknologi Informasi dan Operasi : Rico Franz
Direktur Manajemen Resiko : Ahmad Siddik
Direktur Bisnis dan Jaringan : Hery Gunardi
Direktur Hubungan Kelembagaan : Alexandra Askandar
Direktur Kepatuhan : Agus Handaya
Direktur Ritel : Donsuwan Simatupang.

Pewarta: Indra Pribadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018