Manado (ANTARA News) - Sebanyak 8.134 siswa SMP dan sederajat di Manado siap mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN) 16-19 April 2018.

Para siswa tersebut berasal dari 97 SMP sederajat baik negeri maupun swasta di daerah, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manado, Deasy Lumowa, di Manado, Senin.

Lumowa mengatakan USBN nanti akan dilaksanakan pada 16 sampai 19 April, dan disusul ujian nasional baik komputer maupun manual.

Mengenai persiapan pelaksanaan katanya, siswa sudah 100 persen dilakukan mulai dari uji coba tiga kali sampai simulasi untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pun telah dilakukan.

"Selain itu, kami berkoordinasi dengan orang tua siswa untuk mengingatkan mereka akan pentingnya, mendorong anak-anak dan memberi semangat agar siap ikut ujian," katanya.

Menurut Lumowa, 8.134 siswa itu adalah data terakhir mengenai jumlah siswa peserta ujian dan telah dipastikan ikut pada USBN sampai UNBK dan UNKP.

Dia berharap nanti dengan berbagai persiapan yang sudah dilakukan hasil yang dicapai juga akan baik, mengingat prestasi yang sempat jatuh pada ujian 2017 lalu.

"Kami tentu berharap hasil ujian tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, dan secara nasional kemampuan Manado akan diperhitungkan," katanya.

Pewarta: Joyce Hestyawatie B.
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018