Sampang (ANTARA News) - Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri KH Nawawi bin Abdul Jalil dan Pengasuh Pondok Pesantren Walisongo, Situbondo menghadiri deklarasi pemenangan pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf dan Puti Soekarno Putri (Gusti) di Sampang, Jawa Timur, Minggu.

Pengasuh kedua pondok pesantren ini menghadiri langsung deklarasi tim pemenangan "Gusti" di Pondok Pesantren Nahdlatut Thullab, Taman Anom, Omben, Sampang bersama sejumlah tokoh ulama lainnya serta ribuan warga di wilayah itu.

Sekitar lima ribuan warga Sampang, berduyun-duyun dalam mendeklarasikan pemenangan pasangan calon nomor dua ini.

Ahmad Nuruddin, salah satu relawan memimpin ikrar dukungan yang berisi tiga poin. Pertama, siap mendukung dan memenangkan Gus Ipul-Puti menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2018-2023 dengan penuh keikhlasan, kesadaran dan keteguhan hati demi kejayaan dan kemakmuran rakyat Jatim.

Kedua, mereka senantiasa menjaga persaudaraan dan persatuan di Jawa Timur, serta menjaga situasi kondusif pada pelaksanaan Pilkada Jatim.

"Ketiga, kami siap menjaga martabat dan kehormatan pasangan calon dan tidak melakukan kampanye hitam terhadap pasangan calon lain," ujar Nuruddin.

Tidak hanya deklarasi, Nuruddin juga menyampaikan untuk menjamin kemenangan Gus Ipul-Puti di Sampang, telah dibentuk juga struktural relawan Gusti Sapu Jagat.

Tim relawan diketuai oleh KH Ja`far Yusuf Wahid dari PP Darul Ulum Gersempal, Omben, Sampang hingga bidang-bidang. Dimulai dari dokumentasi, pengembangan isu, maupun organisasi dan jaringan.

"Terdapat pula empat kumpulan relawan yang tergabung dalan relawan Gusti Sapu Jagat," ujarnya, menambahkan.

Di antaranya Aliansi Lora For Saifullah Yusuf (Alor), ormas sayap Gerindra Satuan Relawan Indonesia Raya (SATRIA), dan Tretan Milenial Sampang.

Sebagai tambahan, Alor ini berisi anak-anak para kiai (Gus) yang dalam bahasa Madura dikenal dengan sebutan `Lora`, kemudiam Tretan Milenial Sampang nantinya akan bertugas menyasar para pemilih pemula.

Gus Ipul dalam kesempatan itu, mengaku senang ketika melihat masifnya dukungan masyarakat Sampang tersebut.

Ia optimistis dirinya bersama Puti bakal menang, khususnya meraih suara maksimal di Sampang, Madura.

Ia juga mengajak seluruh relawan yang hadir untuk bisa menyosialiasikan visi-misi serta program kerja yang dicanangkannya.

"Khusus untuk Madura, kita siapkan anggaran tambahan Rp1 triliun untuk percepatan pembangunan di Madura," ujar Gus Ipul.

Selain itu, ia bakal berkantor bergantian secara berkala dengan Puti di Madura.

"Juga kami mengusulkan nantinya ada dokter perwakilan dari RSUD dr Soetomo yang datang ke Madura secara berkala. Dengan harapan, tidak perlu masyarakat yang sakit di sini, berangkat ke Surabaya," katanya, menjelaskan.

Adapun para kiai yang hadir antara lain, KH Nawawi bin Abdul Jalil (PP Sidogiri Pasuruan), KH Fuad bin Nur Hassan (PP Sidogiri Pasuruan) KH Kholil As`ad (Ra Kholil, PP Walisongo, Mimbaan, Situbondo), KH Zubaidi Muhammad (PP Nahdlatut Thullab Taman Anom Omben Sampang), KH Syafiuddin Abd Wahid (PP Darul Ulum Gersempal, Omben, Sampang) dan KH Jafar Yusuf Abd Wahid (PP Darul Ulum Gersempal, Omben, Sampang).

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018