Paris (ANTARA News) - Presiden Prancis Emmanuel Macron diperkirakan akan mengunjungi Arab Saudi sebelum akhir tahun ini, demikian pernyataan dari Istana Champ Elysee.

Selama pembicaraan pada Minggu (8/4), yang berlangsung selama tiga jam, Macron meyakinkan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman bahwa Prancis adalah sekutu negara kerajaan itu.

Champ Elysee, seperti dilansir Arabnews, mengumumkan bahwa diskusi membuahkan hasil meningkatkan pemahaman pribadi antara kedua pemimpin.

Putra Mahkota Mohammad bin Salman dijadwalkan menandatangani "kemitraan strategis" dengan Macron di Champ Elysee pada Selasa ini.

Prancis berharap memperoleh keuntungan dari Visi Kerajaan 2030 untuk membentuk suatu hubungan komersial yang baru.

Macron menghabiskan satu jam pada Minggu malam dengan membawa putra mahkota ke salah satu hal penting dari keseharian budaya Paris saat ini, yakni mengunjungi pameran baru oleh pelukis Prancis abad ke-19, Eugene Delacroix.

Kedua pria tersebut melanjutkan acara makan malam bersama di restoran MuseumnLouvre, dan menghabiskan dua jam dalam pembicaraan yang diperkirakan membahas perang dan krisis di Timur Tengah, serta sumber-sumber perselisihan di antara para pemimpin.

"Presiden ingin menjamu beliau untuk makan malam pribadi di Louvre, tujuan utama budaya Prancis, pada kesempatan peluncuran pameran Delacroix," kata salah seorang ajudan Macron kepada wartawan.

Delacroix menjadi "terkenal utamanya karena lukisan terkenal tentang Kebebasan yang Memimpin Orang-Orang", ujar ajudan itu.

Macron juga mencuit foto dirinya dan Putra Mahkota Mohammad di depan kanvas berukuran raksasa.

Ia pun mengemukakan bahwa kunjungan ke Louvre sesuai dengan pendekatan intelektual untuk diplomasi dan menekankan pesan tentang kekuatan budaya Prancis sekaligus reformasi politik.

Pangeran Mohammad telah memulai serangkaian reformasi sosial untuk menyebarkan versi hukum Islam yang lebih moderat di negaranya.

Salah seorang sumber di delegasi Arab Saudi mengatakan, kunjungan itu diusulkan oleh kantor Macron setelah Pangeran Mohammad membatalkan rencana perjalanan ke Marseille untuk acara budaya yang berbeda.

Wisata Louvre merupakan salah satu tema utama dari perjalanan tiga hari Putra Mahkota Arab Saudi ke Prancis, yaitu upaya meningkatkan kerja sama budaya antara kedua negara yang akan diperlihatkan melalui karya orkestra dan opera Saudi yang baru.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018