Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan siap membantu pemulihan kondisi tubuh petarung bela diri campuran (MMA) Ricky Asriel Refwalu yang rusak tulang tengkorak usai bertanding di Malaysia.

"Dia adalah seorang atlet dan yang karena itu yang bertanggung jawab atas dirinya adalah Kemenpora," ujar Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, beberapa jam lalu.

Gatot melanjutkan, pemerintah akan memberikan fasilitas jika Ricky mendapatkan perawatan di Indonesia.

"Kalau memang harus mendapatkan rawat inap di Rumah Sakit Olahraga Nasional Kemenpora maka akan kami lakukan," kata Gatot.

Tetapi Gatot belum menerima laporan lanjutan mengenai kondisi Ricky yang masih dirawat di Malaysia dan baru berkomunikasi dengan pihak federasi yang menyatakan Ricky bertanding ke Malaysia tanpa izin resmi.

"Namun saya tetap diperintahkan Pak Menpora Imam Nahrawi untuk terus memantau kondisinya. Kami tidak ingin ada lagi pihak yang saling menyalahkan," kata dia.

Ricky tidak sadarkan usai kalah KO dari petarung Malaysia Muzz Antar pada Kejuaraan Muaythai Internasional Johor 2018 di Johor, Malaysia.

Hasil pemeriksaan Rumah Sakit Sultan Ismail Johor, Malaysia, menunjukkan tulang tengkorak Ricky rusak akibat menerima disiku lawan.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018