Bogor (ANTARA News) - Arus lalu lintas Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu sore terpantau cukup padat terutama jalan-jalan pusat kota.

Sekitar pukul 15.55 WIB, kepadatan terlihat di ruas jalan seputar Stasiun Besar Bogor, seperti dari Jalan Merdeka menuju Jembatan Merah.

Tiga lapis kendaraan roda empat memadati ruas jalan, laju kendaraan pun melambat di bawah kecepatan 20 kilometer (km) per jam.

Terjadi simpul kemacetan di dekat stasiun terutama di pertigaan Jalan Mayor Oking. Aktivitas penumpang stasiun yang naik dan turun dari angkutan umum.

Kepadatan serupa juga terpantau dari arah sebaliknya yakni dari Jl Juanda menuju Jl Kapten Muslihat atau Jembatan Merah.

Arus yang cukup padat juga terlihat dari Jalan Paledang dari arah Jl Juanda. Antrian kendaraan terlihat memanjang sampai ke depan Dinas Kebersihan.

Padatnya arus lalu lintas karena tingginya mobilisasi kendaraan yang melintas di Jalan Paledang ini. Karena merupakan jalur utama bagi kendaraan dari arah Baranangsiang menuju wilayah Bogor Barat jika memutar di sistem satu arah (SSA).

Selain tingginya mobilitas kendaraan, juga dikarenakan aktivitas turun naiknya penumpang transportasi online di depan Lapas Paledang atau dekat dengan jembatan penyeberangan menuju Stasiun Besar Bogor.

Tidak hanya di seputar stasiun, kepadatan arus lalu lintas kendaraan juga terpantau di seputar Sistem Satu Arah (SSA) Kebun Raya dan Istana Bogor.

Lalu lintas jalan didominasi oleh kendaraan pribadi, serta angkutan umum, baik angkot dan ojek "online". Beberapa bus juga terpantau parkir di bahu jalan depan gedung LIPI.

Kondisi tersebut membuat laju kendaraan jadi melambat, untuk sepeda motor hanya bisa melaju dengan kecepatan kurang dari 20 meter per segi. Terutama saat melintas dari Balai Kota menuju Sempur, hingga ke Jalan Jalak Harupat.

Kepadatan arus lalu lintas juga terjadi di persimpangan lampu merah depan pintu tiga Kebun Raya Bogor dan Plaza Lippo Keboen Raya.

Kendaraan keluar masuk pengunjung di pertigaan lampu merah, ditambah dengan padatnya aru mobilisasi masyarakat membuat lalu lintas menjadi padat.

Banyak masyarakat memanfaatkan libur akhir pekan bertepatan dengan peringatan Isra Miraj untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Banyaknya pengunjung di Kebun Raya Bogor yang datang bersama anggota keluargannya. Selain itu, kunjungan ke pusat perbelanjaan dan kuliner juga tanpa ramai dari hari biasanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018