Manado (ANTARA News) - Sebanyak 8.134 siswa SMP/MTs sederajat di Kota Manado, siap mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN) mulai Senin sampai Kamis (16-19) April 2018.

"USBN mendahului pelaksanaan UNBK dan dilaksanakan serentak di seluruh SMP di Kota Manado ini," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado, Deasy Lumowa, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan, 8.134 siswa peserta USBN itu berasal dari seluruh SMP dan MTs baik negeri dan swasta di Manado, baik bergabung maupun yang melaksanakan secara mandiri.

Menurut Lumowa, USBN juga menjadi salah satu penentu kelulusan siswa, karena itu pihaknya sudah mengingatkan seluruh sekolah sebagai lembaga pendidikan yang akan melaksanakan USBN benar-benar mempersiapkan diri.

Terutama menurut Lumowa, adalah para siswa yang menjadi peserta harus dipersiapkan dengan benar, supaya bisa menghadapi ujian dengan benar dan dapat melaluinya sampai hari terakhir.

Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang, mengingatkan dinas pendidikan Manado untuk benar-benar melakukan persiapan baik sekolah sebagai pelaksana maupun siswa peserta.

"Koordinasi harus dilaksanakan dengan baik, supaya hasil ujian baik dan prestasi Manado bisa seperti yang diharapkan, agar para siswa bisa lulus dengan baik," katanya.

Terutama kata Sualang, dengan hasil yang baik, maka para siswa bisa diterima di sekolah-sekolah favorit saat melanjutkan ke tingkat SMA/MA atau SMK seperti harapan, jangan sampai tersingkir dan menjadi tamu di kota sendiri.

Memang menurutnya, SMA sederajat sekarang adalah kewenangan provinsi dan siapapun bisa bersekolah dimana saja, tetapi akan lebih baik jika bersekolah siswa Manado sekolah di sekolah setempat.

Pewarta: Joyce Hestyawatie B
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018