London (ANTARA News) - Kaum perempuan Indonesia yang ada di Kerajaan Inggris ikut merayakan Hari Kartini yang diadakan di daerah Banbury Oxfordshire, Inggris, sedangkan anggota Induk yang terdiri dari pekerja domestik juga merayakan Hari Kartini yang diadakan di gedung KBRI London, Minggu.

Sekretaris dua Fungsi Protokol dan Konsular KBRI London, Anisa Farida kepada Antara London Minggu mengatakan perayaan Hari Kartini diadakan INDUK (Indonesian Networking Development United Kingdom) perkumpulan pekerja Indonesia di UK bersama KBRI London dihadiri Ny Hana A. Satriyo, istri Dubes RI di London Rizal Sukma yang juga aktivis perempuan.

Dalam sambutannya Hana A. Satriyo, mengatakan pentingnya berorganisasi dan menjalin jejaring bagi perempuan guna saling membantu untuk memberdayakan diri. Hal ini sudah dilaksanakan INDUK selama ini, ujarnya.

Dikatakannya secara simbolis perayaan Hari Kartini merupakan perjalanan panjang perempuan untuk meraih kesetaraan perempuan dengan laki-laki. Agar makna peringatan hari Kartini juga dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. INDUK memiliki tantangan lebih karena berada di rantau. Diharapkannya INDUK tetap berperan dalam memberdayakan perempuan pekerja Migran dan perempuan di Inggris pada umumnya.

Acara perayaan Hari Kartini yang diadakan di KBRI London juga dimeriahkan dengan pertunjukan gamelan, penampilan tari anggota INDUK dan berbagai perlombaan diantaranya baca puisi dan joget.

Pembina INDUK yang diwakili Siti Wahadi, menyampaikan bahwa keberadaan INDUK dapat dimanfaatkan para pekerja Migran untuk mengembangkan diri dan menginformasikan ke KBRI jika mengalami permasalahan, bercermin kepada kasus TKW Parinah, ujarnya.

Sementara itu diaspora Indonesia juga merayakan Hari Kartini bertempat di kediaman Yanti Maynard, dihadiri sekitar 40 perempuan Indonesia yang menikah dengan pria Inggris yang mengenakan kebaya mengelar berbagai lomba seperti halnya perayaan Hari Kartini dirayakan setiap tahun di sekolah-sekolah tanggal 21 April.

"Alhamdulillah meskipun kami jauh dari tanah air kita ibu-ibu masih semangat untuk ikut memperingati Hari Kartini sebagai pejuang wanita Indonesia," ujar Chichi Gani bersama rekan-rekannya merayakan Hari Kartini dengan berkebaya dan mengadakan berbagai lomba.

Berkebaya dengan berbagai kain batik perempuan Indonesia di Inggris mengikuti lomba balap karung dan membawa sendok yang ada kelereng, lomba makan kerupuk serta lomba berkebaya yang paling luwes tentunya.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018