Balikpapan (ANTARA News) - Persiba Balikpapan akan menghadapi tim degradasi Liga 1 lainnya dalam pertandingan pertama Liga 2 musim 2018, Persegres Gresik United. Persiba akan bertandang ke Gresik pekan depan.

"Jadwal pertandingan perdana masih berubah-ubah, apa 21 April atau 23 April, tapi kami siap," kata Pelatih Persiba Wanderley Junior, Selasa.

Menurut Wanderley, pertandingan pertama selalu spesial karena jadi tonggak motivasi, apa pun hasilnya. Namun Persiba akan selalu berusaha maksimal, main dengan semangat juang, dan penuh motivasi.

"Meski saya juga masih buta kekuatan Persegres. Sama seperti kita setelah turun ke Liga 2 Persegres banyak rekrut pemain baru," lanjut Wanderley.

Namun demikian pelatih yang sudah malang melintang melatih tim di Malaysia dan Thailand itu juga menegaskan bahwa dirinya tidak memikirkan tim lain. Ia hanya fokus pada Bryan Cesar dan kawan-kawan.

Sebagai tim tamu, ia ingin Persiba bermain dengan konsentrasi tinggi, tangguh bertahan dan sigap menyerang. Transisi bertahan dan menyerang yang cepat, hingga finishing atau penyelesaian akhir yang efektif. Termasuk di dalamnya menajamkan set piece bola-bola mati.

Persiba Balikpapan masuk ke Liga 2 dengan modal juara Trofeo Battle of Borneo Februari lalu dan penampilan yang terus membaik di turnamen pra musim Piala Gubernur Kalimantan Timur (PGK). Meski tidak lolos dari fase grup, anak-anak latih Wanderley itu tampil cukup meyakinkan sebagai sekumpulan pemain muda, seluruhnya pemain Indonesia, dan tidak ada pemain asing.

"Anak-anak bisa cetak gol, dan bisa menghindar dari juru kunci dalam pertandingan yang jadwalnya padat. Itu cukup bikin kita optimis menghadapi kompetisi Liga 2," demikian Wanderley.

Meskipun kemudian dalam 3 ujicoba terakhir, 2 kali melawan Kalteng Putra, Persiba mencatat sekali kalah di Palangkaraya dan gagal menang di Stadion Batakan, serta kalah lawan PSS Sleman di Batakan, optimisme itu tidak berkurang.

"Kami sudah evaluasi semuanya dan anak-anak sudah tahu apa salah mereka. Itu juga bekal yang sangat baik buat masuk kompetisi ini," demikian Pelatih Wanderley.

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018