Macron telepon Sisi bahas perang Suriah

Macron telepon Sisi bahas perang Suriah

Presiden Prancis Emmanuel Macron (14/7/2017). (REUTERS/Stephane Mahe)

Kairo (ANTARA News) - Presiden Prancis Emmanuel Macron menelepon Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi pada Sabtu (21/4) untuk membahas perang Suriah, kata kantor Sisi.

Macron membicarakan serangan Prancis, Amerika Serikat dan Inggris di Suriah satu pekan lalu. Ia menekankan bahwa serangan itu masih di dalam kerangka keabsahan internasional, kata kantor Sisi.

Ketiga negara tersebut menembakkan 105 peluru kendali sebagai tindakan atas dugaan serangan gas beracun di Suriah. Serangan itu membidik sejumlah tempat, yang disebut Pentagon tiga sarana senjata kimia.

Sisi menyatakan kekhawatiran tentang peningkatan pergerakan militer di suriah, yang dikatakannya akan mengarah pada kemerosotan lebih jauh dan menambah kekisruhan keadaan.

Sisi juga menekankan sikap teguh Mesir, yang menolak penggunaan senjata apa pun, yang dilarang dunia, di wilayah Suriah, kata pernyataan itu.

Ia menekankan "pentingnya melakukan penyelidikan internasional yang transparan terhadap masalah itu".

Ketiga negara Barat itu mengatakan bahwa serangan-serangan yang mereka lancarkan ditujukan untuk melumpuhkan kemampuan persenjataan kimia Suriah dan bukan untuk menggulingkan Presiden Bashar al-Assad ataupun mencampuri perang saudara.

Macron memerintahkan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian mengunjungi Mesir pada akhir bulan ini guna membahas upaya memperkuat hubungan dwipihak, demikian pernyataan tersebut seperti dilaporkan Reuters.
 

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar