Surakarta (ANTARA News) - Pecatur Rusia GM Anton Demchenko memimpin sendirian dengan mengumpulkan 2,5 poin dari hasil tiga babak pertandingan di turnamen catur JAPFA Grandmaster dan Grandmaster Putri 2018 di Surakarta, Jateng, Kamis.

Anton memastikan memimpin sementara setelah pada pertandingan babak ketiga, Kamis, dia meraih kemenangan atas pecatur Indonesia IM Sean Windshand Cuhendi.

Sementara itu lima pecatur membuntuti dengan terpaut selisih 0,5 poin yaitu; dua pecatur Indonesia FM Yoseph Theolifus Taher dan FM Novendra Priasmoro, serta GM Ma Qun (China), GM Timur Gareyev (AS), IM Goh Wei Ming Kevin (Singapura) yang semuanya mengumpulkan 2 poin.

Di kategori grandmaster putri, pecatur Filipina WGM Frayna Janelle Mae memimpin sendirian setelah babak ketiga dengan mengumpulkan 3 poin. Pada pertandingan babak ketiga Frayna menang atas WGM Anda Safranska dari Prancis.

Posisi kedua klasemen putri diisi WIM Mila Zarkovic (Serbia) dengan mengumpulkan 2,5 poin, sedangkan dua pecatur Indonesia WFM Ummi Fisabilillah dan WIM Chelsea Monica Sihite, serta pecatur Prancis Anda berada di urutan berikutnya dengan mengemas 2 poin.

Turnanen JAPFA Grandmaster dan Grandmaster putri 2018, akan dilanjutkan dengan pertandingan babak keempat dan lima pada, Jumat (27/4).

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018